3 Perawatan Tanaman Sebelum Ditinggal Liburan

Ilustrasi tanaman. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Rabu, 17 Agustus 2022 | 04:00 WIB

Sariagri - Bagi pemilik tanaman, biasanya kebingungan jika harus pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan mereka khawatir tanaman akan rusak jika selama mereka pergi, tidak ada yang merawatnya. 

Biasanya, ketika hendak berlibur, pemilik tanaman akan meminta bantuan rekan atau saudaranya untuk mengecek dan menyirami tanamannya. Namun, ada baiknya melakukan beberapa hal untuk tanaman sebelum bepergian dalam waktu lama.

 

Melansir The Spruce, meninggalkan tanaman untuk liburan tentu saja bisa dilakukan. Tentunya, seseorang harus memperhatikan beberapa hal berikut sebelum pergi meninggalkannya.

1. Kumpulkan Berdekatan

Cara merawat tanaman sebelum ditinggal liburan bisa dengan mengumpulkannya pada satu lokasi. "Jika Anda menempatkan semua tanaman Anda bersama-sama (jika memungkinkan) maka tanaman-tanaman itu menciptakan iklim sendiri, di mana mempertahankan lebih banyak kelembaban," kata Heward salah satu pendiri Plant Sit, sebuah perusahaan pemeliharaan pabrik di London.

"(Ide ini) bagus untuk tanaman yang tumbuh subur dalam kelembaban," lanjutnya.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Cara merawat tanaman sebelum ditinggal liburan adalah dengan menghindarinya dari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat mengeringkan tanah tanaman lebih cepat.

“Untuk membatasi jumlah yang mengering, pindahkan dari ambang jendela dan keluar dari kamar yang menghadap ke selatan. Ini tidak berlaku untuk kaktus, tetapi berguna untuk banyak koleksi tanaman lainnya, ”kata Heward.

Baca Juga: 3 Perawatan Tanaman Sebelum Ditinggal Liburan
Tanaman Hias Punyamu Menguning? Ini Penyebabnya

Memindahkan tanaman beberapa meter dari jendela membuat perbedaan besar dalam jumlah cahaya yang mereka dapatkan sepanjang hari.

3. Siram Lebih Banyak 

Cara merawat tanaman sebelum ditinggal liburan juga bisa dilakukan dengan menyiramnya lebih banyak. Ketika tanaman terendam sedikit air, masih akan aman dan tidak membusukkan akarnya.

Video Terkait