Intip 6 Jenis Sayuran yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Budidaya tanaman kangkung. (Yongki/Sariagri)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Ada beberapa faktor yang menentukan tanaman dapat tumbuh subur, salah satunya adalah iklim. Ketika memasuki musim hujan, membuat ketersediaan air menjadi melimpah.

Air hujan mengandung nitrogen bebas, yang berdampak langsung pada kesuburan tanaman. Oleh karena itu, ini menjadi waktu yang pas untuk menanam berbagai macam tanaman sayuran dan buah-buahan.

Berikut tanaman sayur yang cocok ditanam saat musim hujan.

1. Kangkung

Kangkung adalah salah satu sayuran yang sering dibudidayakan di dataran rendah dan tanah. Namun kangkung juga dapat hidup di perairan. Oleh karena itu di musim hujan ini, kangkung bisa jadi referensi Sobat Agri untuk ditanam.

2. Bayam

Selain kangkung, bayam juga cocok ditanam saat musim hujan. Jika sudah melewati proses penyemaian, pindahkan bayam ke pot lain saat musim hujan. Hal ini akan mendukung perkembangan bayam menjadi lebih cepat dan juga subur.

3. Sawi putih

Umumnya sawi putih banyak dibudidayakan di darat, namun bukan berarti tanaman ini tidak cocok ditanam saat musim hujan berlangsung. Pasalnya sayuran ini dikenal kuat dan tidak mudah layu dan busuk saat terkena musim hujan berlangsung.

Dalam merawat tanaman sawi juga cukup mudah, karena mereka tidak membutuhkan biaya yang besar.

4. Selada

Selada adalah sayuran yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayur ini biasanya hadir sebagai menu lalapan masakan Sunda. Untuk menanam tanaman ini tidaklah sulit, sebab ia disebut sebagai sayuran yang kuat menghadapi derasnya air hujan.

5. Daun bawang

Tentu Sobat Agri tidak asing dengan yang namanya daun bawang. Daun ini merupakan salah satu jenis sayuran yang juga cocok ditanam ketika musim hujan tiba. Ia bahkan dapat tumbuh subur apabila terkena air hujan secara terus menerus.

6. Terong

Tahukah kamu jika terong ternyata merupakan sayuran yang juga cocok ditanam saat musim hujan. Pasalnya sayuran ini membutuhkan banyak air, sehingga jika menanamnya di musim hujan menjadi waktu terbaik.

Namun pastikan agar terong tidak tergenang air begitu saja, guna mencegah akarnya menjadi cepat busuk akibat kelebihan air.

Video Terkait



Baca Juga: Intip 6 Jenis Sayuran yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan
Cocok untuk Pemula, Ini 5 Tanaman Sayuran yang Mudah Dirawat