Untuk Konsumsi Pribadi, Buah Naga Bisa Ditanam Dalam Pot

Ilustrasi buah naga. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Sabtu, 13 Agustus 2022 | 01:00 WIB

Sariagri - Buah naga memiliki manfaat yang melimpah untuk tubuh, salah satunya adalah mencegah radikal bebas. Untuk konsumsi pribadi, buah naga bisa ditanam dalam pot.

Memiliki buah naga di pekarangan rumah tentu saja menguntungkan. Selain membuat asri, buah naga juga bermanfaat untuk tubuh. Apalagi, harga buah naga kadang naik-turun sehingga bisa hemat biaya memilikinya sendiri.

Melansir Dinas Pertanian Provinsi Banten, ada beberapa cara untuk menanam buah naga di rumah:

1. Siapkan Pot

Cara menanam buah naga di rumah pertama-tama siapkan pot dari tanah liat. Hal tersebut dikarenakan pohon buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Semakin besar ukuran pot akan semakin baik. Ukuran yang digunakan minimal diameter 40 cm.

2. Tiang Panjatan

Setelah pot, cara menanam buah naga di rumah juga membutuhkan tiang panjatan unutk menahan beberapa cabang produksi agar tidak roboh. Tiang nantinya akan dililit oleh beberapa pohon buah naga pada saat penanaman pertama. Tiang panjatan yang kuat bisa berupa besi atau kayu yang kokoh.

Baca Juga: Untuk Konsumsi Pribadi, Buah Naga Bisa Ditanam Dalam Pot
Dear Pecinta Tanaman Hias, Ini Cara Membuat Sekam Bakar untuk Media Tanam

3. Media tanam

Cara menanam buah naga juga dengan menyiapkan media tanam yaitu pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Kemudian, siram sampai jenuh dan diamkan selama sehari semalaman.

4. Penanaman Bibit

Pemilihan bibit bisa dilihat dari batang yang besar dan sudah tua serta bebas dari penyakit. Bibit buah naga biasanya memiliki panjang ideal 30 cm dan ditanam di pot dengan kedalaman 10 cm. Setelah itu, tekan-tekan sedikit tanah sekitar bobot supaya tidak mudah roboh. Kemudian siramkan air dan letakkan pot di tempat terbuka yang terkena sinar matahari.

Video Terkait