Cara Merawat Bunga Dahlia agar Tumbuh Sehat dan Rimbun

Ilustrasi bunga dahlia (Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Bunga dahlia adalah tanaman hias yang sangat cantik. Bunga ini banyak dipelihara di halaman-halaman rumah. Agar mendapatkan bunga dahlia yang tidak bosan untuk dilihat, tentu saja membutuhkan perawatan rutin agar tumbuh maksimal.

Kira-kira aja saja, yuk simak cara merawatnya agar tumbuh subur.

Cara merawat bunga dahlia

1. Penyiraman

Jika memelihara bungan ini perlu diingat untuk tidak terlalu sering menyiramnya. Kamu hanya perlu membasahi media tanamnya sehari sekali untuk menjaganya tetap lembap.

Pasalnya tanah yang terlalu basah dapat menyebabkan umbi menjadi busuk dan gagal tumbuh.

Namun jika musim kemarau tiba, sebaiknya tambahkan intensitas penyiraman guna kelembapan tanah tetap terjaga.

2. Pemupukan

Selain penyiraman, juga membutuhkan pupuk sebagai nutrisi tambahan. Namun berikan bunga ini pupuk hanya ketika bunga dahlia sudah berukuran besar dan dipindahkan ke tanah atau pot.

Beri pupuk setidaknya 10 hari sekali, dengan menggunakan pupuk urea, KCI, dan SP36, masing-masing sebanyak 2 gram, atau NPK 5 gram. Berikan pupuk 15 cm dari pangkal tanaman kemudian tutup dengan tanah.

3. Penjarangan

Selanjutnya adalah penjarangan. Cara ini bisa dilakukan ketika daunnya sudah mulai banyak dan tumbuh besar. Caranya yaitu dengan memindahkan tanaman ke area yang lebih luas dan diberi jarak antara satu dengan yang lainnya. Namun, jika bunga telah dipisah dalam pot masing-masing, penjarangan ini tidak perlu dilakukan.

4. Penyiangan

Langkah penyiangan umumnya dilakukan pada hampir semua jenis tanaman hias dan buah, guna tumbuh optimal dan terhindar dari penyakit. Tujuan penyiangan ini pada dasarnya adalah membersihkan sekeliling tanaman dari pengganggu seperti gulma atau tanaman liar lainnya.

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Dahlia agar Tumbuh Sehat dan Rimbun
Cara Menanam Bunga Dahlia Agar Cepat Tumbuh, Sudah Tahu?

Kehadiran tanaman liar dapat mengganggu akar bunga dahlia yang sedang berkembang dan menambah persaingan penyerapan unsur hara yang penting untuk pertumbuhan.

5. Pemangkasan

Lakukan pemangkasan sesekali agar tidak terlampau tinggi dan dapat merangsang pertumbuhan bunga menjadi lebih rimbun. Kamu bisa memangkas ranting, daun, dan kelopak bunga yang sudah kering. Pastikan untuk menggunakan gunting atau pisau yang tajam dan bersih agar tanaman terhindar dari penyakit.

Video Terkait