Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Cokelat pada Tanaman Hias

Ilustrasi daun tanaman berubah warna coklat (Gardening Know How)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Tanaman hias yang tidak mendapatkan cahaya cukup, air dan nutrisi yang cepat akan menunjukan tanda-tanda masalah, salah satu tandanya adalan daun tanaman yang berubah warna menjadi cokelat. Perubahan warna ini tentunya membuat tanaman hias tidak enak dipandang.

Mengutip dari laman The Express Newspaper, ada sejumlah a penyebab daun tanaman yang berwarna coklat kering. Namun, penyebab paling umum adalah cara menyiram tanaman.

Proses penyiraman menjadi masalah umum yang terjadi pada musim panas. Oleh karenanya penyiraman diperlukan setiap hari untuk menjaga tanaman dalam ruangan tetap terhidrasi dan dalam kondisi lembap.

Cara Mengatasi Daun Coklat pada Tanaman Hias

Pemangkasan daun meruapakan cara terbaik membantu daun tanaman kembali hijau. Untuk daun yang benar-benar berubah menjadi coklat atau kuning, ahli tanaman merekomendasikan memotongnya dari batang guna memungkinkan pertumbuhan baru.

Umumnya daun tertua berada paling dekat dengan bagian bawah, maka dari itu cara terbaik mengatasinya adalah memulai dari pangkal tanaman dan menelusuri daun yang rusak sampai ke tempat bertemunya batang utama. Setelah menemukan titik ini, buat potongan bersih.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Cokelat pada Tanaman Hias
Serupa Tapi Tak Sama ,Ini Beda Tanaman Pothos dan Philodendron

Jika kamu hanya memotong batang setengah, sisanya semua batang utama yang tidak memiliki daun ini akan mati. Jadi,sebaiknya mempercepat proses pemangkasannya

Kegiatan penyiraman yang rutin menjadi cara utama untuk mencegah daun tanaman hias berubah menjadi coklat.Penyiraman yang berlebihan dan kurang dapat dihindari dengan mengambil pendekatan sedikit serta sering merawat tanaman hias.

Video Terkait