Jambu Lilly Pilly, Si Mungil Unik yang Cocok untuk Tanaman Hias

Ilustrasi Jambu Lilly Pilly. (foter)

Editor: Dera - Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Jambu air merupakan tanaman buah yang cukup banyak dibudidayakan di Tanah Air. Tanaman ini termasuk mudah tumbuh dan menghasilkan buah yang rasanya asam manis dan berair.

Jika biasanya pohon jambu air tumbuh besar namun berbeda dengan jenis jambu yang satu ini. Namanya jambu lilly pilly (Syzygium smithii) yang tumbuh lebih kecil dari jenis jambu air lainnya.

Flora asli suku aborigin ini juga dikenal dengan nama ceri Australia karena buahnya yang kecil tumbuh bergerombol mirip buah ceri. Sementara di Selandia Baru lilly pilly dikenal dengan sebutan apel monyet yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar.

Secara morfologis, jambu lilly pilly dapat tumbuh tinggi sekitar 3 sampai 5 meter dan memiliki tajuk cukup rimbun. Daunnya berwarna hijau tebal, mengkilap dan meruncing di bagian ujungnya. Saat muda daun yang baru muncul akan berwarna merah muda, sekilas mirip daun tanaman pucuk merah.

Tanaman dari keluarga Myrtaceae ini juga memiliki buah berbentuk bulat berwarna putih hingga merah marun yang dapat dimakan. Seperti bunga jambu air pada umumnya, jambu lilly pilly juga memiliki bunga berwarna putih yang mudah rontok dan menebarkan aroma wangi segar.

Keunggulan Jambu Lily Pilly

Buah jambu lilly pilly dapat dimakan langsung saat masih segar, selain itu buah yang rasanya mirip buah apel ini bisa diolah menjadi selai atau jelly.

Jambu lilly pilly dapat tumbuh subur pada tanah lembab sedikit berpasir dan drainase yang baik. Lily pilly menyukai paparan sinar matahari penuh atau semi teduh sehingga tak heran di daerah asalnya lilly pilly banyak ditemukan di taman atau halaman rumah terbuka sebagai tanaman pagar.

Baca Juga: Jambu Lilly Pilly, Si Mungil Unik yang Cocok untuk Tanaman Hias
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Cokelat pada Tanaman Hias

Keuntungan menanam lilly pilly selain bentuk dan warna buah yang menarik, daunnya yang tebal dan rimbun juga bisa berfungsi sebagai penahan angin yang baik dan tahan terhadap api.

Selain itu pohon jambu lilly pilly cukup mudah dibentuk dan dipangkas karena daunnya mudah tumbuh. Bonus lain dari menanam lilly pilly adalah kedatangan burung  yang suka memakan buah jambu lilly pilly.

Video Terkait