Bisa Atasi Amandel, Ini 8 Manfaat Hebat Bunga Lili untuk Kesehatan

Ilustrasi bunga lili. (pixabay)

Editor: Dera - Minggu, 14 Agustus 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Siapa yang tak terpesona dengan kecantikan tanaman lili? Bunga ini hadir dengan begitu indah sehingga memikat hati yang memandangnya. Berkat keindahannya ini pulalah yang menjadikannya sebagai lambang cinta yang abadi, kebahagiaan, kerendahan hati, dan juga ketulusan. 

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, ternyata tanaman dengan nama latin Lilium Candidum L ini, menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat bunga lili? yuk ulasannya.

Kandungan dan manfaat bunga lili untuk kesehatan

Diketahui bunga lili mengandung sejumlah zat kimia penting, seperti, dua glikosida, convallamarin, dan flavonoid. Flavonoidnya sendiri juga mengandung anti oksidan, dan masih banyak lagi. Semua kandungan ini diyakini bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Merawat Luka Bakar

Siapa yang menyangka, bunga cantik ini bisa melindungi kulit bahkan merawat luka bakar akibat terkena api. Berkat kandungannya ini diyakini mampu memulihkan kondisi kulit sehingga kulit menjadi mulus lagi. Namun untuk pengobatan ini biasanya bagian yang digunakan yaitu akar bunga yang diolah menjadi salep kulit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid pada bunga ini mampu membantu penyebaran darah dan meningkatkan tingkat tekanan darah. Selain itu, bunga cantik ini kerja dijadikan sebagai ramuan yang dikenal menjaga kesehatan jantung. Biasanya ramuan ini dikombinasikan dengan tanaman hawthorn dan motherwort, sehingga manfaatnya lebih manjur untuk mengobati penyakit katup jantung, lemah jantung, hingga gagal jantung kongesif.

3. Mengobati Amandel

Amandel adalah penyakit yang sungguh menyiksa. Penderitanya akan merasa kesakitan setiap kali menelan makanan. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan ramuan dari bunga lili, telatnya bagian umbi bunga. Ambil umbi bunga ini lalu rebus dan saring hingga menghasilkan ramuan sehat. Rutin minum air rebusan ini sebanyak 1 kali sehari. Efek farmakologisnya bisa mengobati amandel dengan mudah.

4. Mengatasi Infeksi Saluran Kandung Kemih

Bunga lili ternyata memiliki sifat diuretik, sehingga bisa meningkatkan sekresi urin lewat kerja ginjal. Dengan begitu maka secara tidak langsung, bunga ini mampu mendetoksifikasi hati dan racun-racun yang ada pada tubuh.

5. Pengobatan Mata

Mata adalah organ sensitif yang sangat penting dan bermanfaat untuk melihat dunia sekitar. Jika mata sedang sensitif, kamu bisa mengobatinya dengan bunga lili. Kandungan ekstrak bunga ini, bisa diolah secara herbal maupun tradisional untuk dapat mengobati mata yang bengkak.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Diketahui ekstrak bunga lili mampu memberikan ketenangan bila diolesi pada dahi dan dada. Selain itu ekstrak ini juga bisa mengurangi rasa stres yang sedang dialami penggunanya. Aromanya akan memperkuat sel otak dan memperbaiki proses kognitifnya. Tak heran juka ekstrak bunga ini banyak dijadikan sebagai minyak aromaterapi untuk mengobati sakit kepala, depresi, dan melankolis.

7. Meregenerasi Kulit

Sebagai informasi, kelopak bunga lili mengandung anti oksidan yang tinggi yang dapat membantu proses regenerasi kulit lebih cepat. Kelopak ini bermanfaat membuat kulit menjadi lebih segar dan tambah awet muda.

Baca Juga: Bisa Atasi Amandel, Ini 8 Manfaat Hebat Bunga Lili untuk Kesehatan
5 Teh Herbal Ini Punya Manfaat Luar Biasa, Kamu Suka yang Mana?

8. Meredakan Demam

Ketika demam, Sobat Agri bisa menggunakan bahan herbal seperti bunga lili untuk menurunkan suhu. Kandungan bunga cantik ini mengandung anti piretik yang menjadi penyebab kenaikan suhu tubuh.

Namun penting untuk diketahui ya Sobat Agri, bahwa reaksi tubuh seseorang berbeda-beda. Jadi, jika kalian mempunyai riwayat alergi atau penyakit tertentu maka alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 
 

Video Terkait