Kabar Gembira! Ngemil Anggur Bikin Kamu Panjang Umur

Ilustrasi anggur. (pixabay)

Editor: Putri - Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Tahukah kamu bahwa ngemil anggur berpotensi menambah lima tahun usia hidup? Hal tersebut diungkapkan lewat penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Western New England University, menggambarkan hasilnya “menakjubkan.”

Mengutip Study Finds, Selasa (16/8/2022), anggur kaya akan bahan kimia yang meningkatkan bakteri usus dan menurunkan kolesterol. Mereka juga mengandung antioksidan yang meredam peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Para ilmuwan berpendapat bahwa makan anggur secara teratur dapat memerangi efek dari konsumsi makanan cepat saji. Anggur dapat mengeluarkan lemak dan gula olahan dalam makanan olahan, kata para ilmuwan.

Penelitian ini sebagian didanai oleh The California Table Grape Commission, yang menyediakan anggur yang digunakan dalam percobaan.

"Ini menambah dimensi yang sangat baru pada pepatah lama 'Anda adalah apa yang Anda makan,'" kata rekan penulis studi Dr. John Pezzuto, dalam sebuah pernyataan.

Dalam serangkaian percobaan, tikus-tikus mengonsumsi makanan tinggi lemak yang biasanya dikonsumsi di negara-negara barat. Tikus-tikus juga menerima suplemen anggur bubuk harian yang setara dengan satu wadah kecil buah.

Hasil tersebut menunjukkan tikus laboratorium memiliki sedikit lemak pada hati dan hidup lebih lama daripada tikus-tikus lainnya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Ngemil Anggur Bikin Kamu Panjang Umur
Ingin Kulit Cerah Tanpa Perawatan, Bisakah?

"Perubahan yang diamati dalam penelitian ini akan sesuai dengan tambahan empat hingga lima tahun dalam kehidupan manusia," kata Pezzuto.

Makan anggur juga meningkatkan kesehatan otak dan hati. Tim peneliti juga menemukan bahwa anggur meningkatkan fungsi neuron, melindungi diri dari penyakit Alzheimer.

Video Terkait