Masih Banyak yang Salah, Ternyata Begini Cara Menyimpan Kubis

Ilustrasi - Stok kubis di Ukraina hampir habis. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 18 Agustus 2022 | 02:00 WIB

Sariagri - Apakah kubis adalah sayuran kesukaanmu? Sayuran satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Umumnya, kubis dijadikan lalap atau campuran sup, tumisan, atau nasi goreng.

Kubis memiliki citarasa yang manis dan juga renyah. Sayuran yang bernama ilmiah Brassica oleracea ini mudah kamu dapatkan di pasar tradisional sampai pasar modern. Harga kubis pun terbilang cukup terjangkau.

Sayangnya, terkadang kubis tidak habis dalam sekali masak, karena ukurannya yang lumayan besar. Alhasil, sisanya harus disimpan. Dalam penyimpanannya, terkadang kamu hanya menaruhnya di dalam kulkas, padahal cara biasa ini bisa membuat kubis cepat busuk dan rusak.

Agar kubis tetap tahan lama dan tidak cepat busuk saat disimpan, simak berbagai tips berikut ini untuk menyimpan kubis, yuk!

1. Jangan Simpan Dalam Bentuk Potongan

Kubis yang disimpan dalam bentuk utuh akan lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan kubis yang disimpan dalam bentuk potongan. Jika ingin menggunakan atau mengolah kubis, sebaiknya ambil kubis perlembar dan potong-potong lembaran kubis menjadi bentuk yang diinginkan atau dibutuhkan.

2. Bungkus Kubis dengan Plastik

Ketika kamu ingin menyimpannya dalam kulkas, ada baiknya bungkus kubis dahulu menggunakan plastik secara rapat. Kubis bisa dibungkus menggunakan plastik khusus yang digunakan untuk membungkus makanan.

Sebelum dibungkus menggunakan plastik, kubis bisa dibungkus lebih dulu menggunakan kertas untuk menyerap air pada permukaan kubis.

3. Simpan di Kulkas

Kubis sebenarnya bisa saja disimpan di suhu ruang, seperti di tempat yang sejuk. Namun kubis akan lebih tahan lama kalau disimpan di dalam kulkas. Selain itu, kubis juga akan lebih segar kalau disimpan di kulkas.

Baca Juga: Masih Banyak yang Salah, Ternyata Begini Cara Menyimpan Kubis
Cara Menyimpan Seledri Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Jika kubis disimpan di suhu ruang, maka kubis akan menjadi layu dan tidak segar ketika akan dikonsumsi atau diolah.

4. Buang Bagian Luar Kubis

Setelah membeli kubis, buang bagian luar kubis sebelum disimpan. Lapisan atau lembaran luar kubis biasanya adalah bagian yang kotor dan menyimpan berbagai kuman dan kotoran.

Hal ini disebabkan karena bagian luar kubis adalah bagian yang terkena berbagai kotoran saat kubis dijual. Selain itu, potong juga bagian bonggol kubis yang bertekstur keras.

Video Terkait