5 Tanaman Hias yang Bikin Rumah Jadi Sejuk dan Bebas Polusi

Ilustrasi tanaman hias Lidah Mertua (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:15 WIB

Sariagri - Tanaman hias tak hanya memperindah ruangan saja, tapi juga bisa memberikan banyak manfaat luar biasa. Ya, memelihara tanaman hias di dalam rumah bisa membuat ruangan lebih sejuk dan terbebas dari polusi. 

Terlebih dengan cuaca ekstrem belakangan ini yang kian panas, tanaman berdaun lebar dinilai bisa menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga udara di dalam ruangan pun menjadi lebih bersih. 

Lantas, apa saja jenis tanaman hias yang bisa bikin ruangan jadi lebih sejuk? 

1. Rubber Plant

Rubber plant merupakan tanaman yang dapat meningkatkan kelembaban di dalam ruangan dan memberikan efek yang lebih sejuk. Apalagi jika daunnya sudah banyak, maka akan semakin besar pula kelembaban yang kembali dilepaskannya ke udara.

Tanaman ini akan menyerap air melalui akarnya dan melepaskan kelembaban melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daunnya. Usahakan untuk menempatkan tanaman ini di area yang terang namun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Spider Plant

Spider plant atau tanaman laba-laba memiliki bentuk daun yang kurus dan jatuh menyerupai kaki laba-laba. Berdasarkan laporan NASA, tanaman ini termasuk salah satu yang ampuh dalam membersihkan udara dalam ruangan.

Penelitian NASA melaporkan bahwa tanaman laba-laba mampu menghilangkan sekitar 90 persen bahan kimia yang ada dalam ruangan. Saat mulai menyerap bahan kimia berbahaya dan membersihkan udara, maka spider plant juga akan melepaskan oksigen.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang dikenal memiliki kandungan air yang tinggi dan bisa melepaskan uap air dingin yang kemudian menguap di udara.

Saat malam hari, lidah buaya akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Jika lidah buaya diletakkan di rumah, maka tanaman ini bisa membantu tidur kita menjadi lebih nyenyak.

4. Weeping Fig

Weeping Fig atau tanaman ara merupakan jenis tanaman yang mirip dengan spider plant. Tanaman ini bisa menyaring udara dari bahan kimia serta bisa membuat ruangan jadi lembab lewat daun lebatnya.

Tanaman ara membutuhkan sinar matahari yang cukup dalam perawatannya. Untuk itu, tempatkan tanaman ini di area yang terkena cahaya. Sayangnya, tanaman ini cukup berbahaya bagi kucing atau anjing peliharaan.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Bikin Rumah Jadi Sejuk dan Bebas Polusi
5 Tanaman Hias ini Bisa Bersihkan Udara Lho!

5. Lidah Mertua atau Snake Plant

Lidah mertua atau snake plant merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat. Tanaman lidah mertua dikenal dengan bentuk daun berwarna hijau kekuningan yang panjang dan tegak ke atas.

Lidah mertua diketahui berfungsi sebagai pembersih udara karena mampu menyerap racun yang ada di ruangan. Tanaman ini juga dipercaya mampu membersihkan polusi udara baik di dalam maupun luar ruangan secara alami.

Video Terkait