Galasari Siap Serap Hasil Panen Food Estate Berbasis Mangga di Gresik

Presiden Joko Widodo kunjungi kebun mangga PT Galasari Gunung Sejahtera. (Dok.PT Galasari Gunung Sejahtera)

Editor: Dera - Senin, 22 Agustus 2022 | 16:25 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan food estate berbasis mangga pertama Indonesia di Gresik, Jawa Timur pada Senin (22/8/2022).

Lokasi peluncuran food estate berbasis mangga tersebut berada di wilayah Kecamatan Penceng, yang juga termasuk wilayah PT Galasari Gunung Sejahtera (GGS).

Sebagai pihak offtaker, PT Galasari Gunung Sejahtera siap menyerap hasil panen food estate berbasis mangga, sekaligus menghibahkan lahan seluas 40 hektare untuk embung air dalam mengairi lahan pertanian milik petani di empat kecamatan.

"Kita harapkan ini food estate ini ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang di bangun di sini ada embungnya ada food estatenya, masyarakat bisa dapat, swasta juga bisa bergerak," ujar Jokowi seperti dikutip Sariagri dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/8/2022).

Kepala negara mengatakan, para petani bisa menanam mangga kurang lebih di 1.000 hektare pada empat kecamatan di Gresik. Pihaknya optimis, dalam tiga tahun ke depan tanaman mangga di food estate ini dapat dipanen untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik domestik maupun ekspor.

"Sebagian untuk keperluan domestik karena permintaan mangga untuk ekspor itu sekarang masih kurang ke Timur Tengah, Cina, ke Jepang, Eropa saya kira banyak permintaan," kata Jokowi.

Baca Juga: Galasari Siap Serap Hasil Panen Food Estate Berbasis Mangga di Gresik
Jokowi Optimis Produksi Mangga di Gresik Bisa Diekspor ke Cina hingga Eropa

Orang nomor satu di Indonesia itu juga mengupayakan agar para petani di daerah lain yang memiliki lahan marjinal dapat menanam dan memproduksi mangga dengan baik.

"Dan saya senang kelihatan yang sudah tertanam di sini, manajemennya sudah baik dan kita harapkan nanti juga ada pendampingan, QC, quality control dari buyernya sehingga level kualitasnya akan naik," pungkasnya.

View this post on Instagram

A post shared by Galasari (@galasari.id)

Video Terkait