Intip Jenis Tanaman Pakis yang Banyak Dipelihara

Ilustrasi pakis staghorn (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 25 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Pakis adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak dipelihara. Ia cukup mudah untuk dirawat dan tidak membutuhkan penanganan ekstra. Secara umum, tanaman ini tumbuh dan berkembang dengan menggunakan spora dan membuatnya berbeda dari tanaman lain yang tumbuh dari biji-bijian. 

Tanaman pakis yang nama latinnya Polypodiophyta ini, memiliki banyak ragamnya. Setiap ragam pakis tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya, Sobat Agri perlu mengenal dan memahami karakteristik dalam merawatnya. 

Jenis tanaman pakis yang sering dipelihara

1. Pakis Boston

Jenis pakis boston atau pakis pedang adalah yang paling terkenal dan populer. Pakis jenis ini membutuhkan kondisi lingkungan yang hangat agar bisa tumbuh dengan normal.

Dilansir dari Trees, pastikan Sobat Agri menanam pakis ini pada tempat yang terkena cahaya secara tidak langsung agar daunnya bisa tumbuh dengan normal dan memiliki warna yang cerah. Jika tidak, tanaman ini bisa mati dengan cepat. 

2. Pakis Staghorn

Ada juga jenis pakis Staghorn, yang tidak tumbuh pada tanah tetapi mengeluarkan akarnya. Pakis ini akan tumbuh menggunakan tanaman lain sebagai rumah utamanya. Bentuk pakis Staghorn bisa dikatakan unik, sebab tumbuh seperti tanduk yang megah dan indah.

Sama seperti pakis boston, staghorn juga tidak membutuhkan banyak cahaya. Maka sebaiknya menanam tanaman ini di dalam rumah atau berada pada tempat yang teduh.

3. Pakis Haji

Yang tidak kalah populer lainnya adalah tanaman pakis Haji. Tanaman ini mirip dengan tanaman palem dan mampu tumbuh sangat besar apabila dirawat dan dijaga dengan baik.

Ukuran yang sangat besar ini membuatnya memiliki bagian batang yang besar pula dan bisa dikonsumsi. Hal ini karena di dalamnya terkandung sari pati yang sangat tinggi. 

4. Pakis Kangaroo Paw

Tanaman pakis Kangaroo Paw ini berasal dari Australia, yang kemudian di ekspor dan mulai dibudidayakan di Indonesia. Iklim di tanah air dianggap sangat cocok untuk pertumbuhan pakis yang satu ini. Warna dari pakis ini sedikit berbeda dari tanaman pakis lainnya, sebab memiliki warna yang lebih cerah dan memantulkan cahaya.

Baca Juga: Intip Jenis Tanaman Pakis yang Banyak Dipelihara
3 Manfaat Centella Asiatrica yang Jadi Bahan Dasar Skincare

5. Pakis Buaya

Selanjutnya ada pakis buaya, yang memiliki tekstur daun yang sangat indah dan persis menyerupai kulit buaya. Tanaman pakis ini memiliki penampilan yang sangat cantik, namun sayangnya pakis ini membutuhkan perawatan yang sangat kompleks agar bisa hidup dan tumbuh dengan baik.

Alasannya karena tanaman ini sangat tidak tahan terhadap cuaca ataupun udara yang dingin dan membutuhkan tempat yang hangat seperti di dalam rumah. Karenanya letakkan di dalam rumah agar terhindar dari angin malam yang bisa membuatnya layu dan tidak subur.

 

Video Terkait