Bikin Glowing, Jus Lemon Dapat Perbaiki Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat Hebat Buah Lemon yang Perlu Kamu Tahu

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - Lemon yang rasanya asam menyegarkan, tak hanya bisa digunakan di dapur untuk membuat minuman atau campuran masakan. Buah ini ternyata juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Lemon dapat mengubah penampilam kulit dengan mengobati jerawat, menyamarkan bintik hitam, dan membuat kulit yang lebih kencang dan montok. Buah ini sangat bagus untuk kulit karena mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan antioksidan dan agen pencerah.

Minum air lemon dapat membuat kulit bercahaya, dan menggunakan masker wajah dengan beberapa tetes jus lemon akan menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan mengurangi jerawat. 

Mengutip laman augustman.com, secara khusus jus lemon memberikan manfaat untuk perawatan kulit.

Manfaat Jus Lemon untuk Kulit:


1. Mencerahkan warna kulit dan menyamarkan bintik hitam

Sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar dan menjadi cokelat. Di kulit akan muncul bintik-bintik gelap dan warna kulit yang tidak merata yang biasanya sulit dihilangkan. Air lemon bisa mengatasi masalah ini karena memiliki efek mencerahkan yang bekerja sangat baik pada kulit kecokelatan dan mengurangi munculnya bintik hitam. Jus lemon mengandung asam sitrat, yang secara bertahap dapat menghilangkan noda dan meratakan warna kulit.

2. Mengobati jerawat

Karena kandungan asamnya, jus lemon memiliki sifat astringen. Lemon memiliki pH rendah dan dapat membantu mengurangi peradangan serta produksi minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Lemon juga mengandung asam sitrat, AHA yang membantu pemecahan sel kulit mati yang juga menyebabkan jerawat.

3. Meningkatkan produksi kolagen

Air lemon juga dikatakan sebagai cara alami untuk meningkatkan kolagen di wajah. Kolagen adalah protein yang larut secara alami seiring bertambahnya usia, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Vitamin C, sebagai antioksidan dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kolagen, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus.

4. Mencegah kulit berminyak

Kulit berminyak adalah masalah kecantikan yang umum dan merepotkan. Gunakan air lemon untuk menghilangkan kilau di dahi, hidung, dan dagu. Mengoleskan jus lemon encer ke wajah dapat membantu mengurangi minyak berlebih dengan cepat dan efisien. Gunakan cara ini sebelum tidur dan basuhlah wajah di pagi hari.

Manfaat jus lemon untuk rambut:

Lemon adalah penyelamat rambut alami yang dapat membantu mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Lemon yang mengandung vitamin C dapat membantu membersihkan kulit kepala, memperbaiki folikel rambut, dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

1. Mendukung pertumbuhan rambut

Jus lemon dapat membantu memperbaiki rambut yang rontok. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan produksi kolagen. Akibatnya, pertumbuhan rambut terjamin. Selanjutnya, sifat asam dari lemon membuka sumbatan dan mengaktifkan folikel rambut yang tidak aktif. Secara keseluruhan, jus lemon berguna untuk mencegah kerontokan rambut.

2. Mengobati ketombe dan kulit kepala gatal

Merawat rambut dan kulit kepala dengan air lemon akan meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala sehingga tidak berminyak dan pada akhirnya bebas ketombe. Air atau jus lemon memiliki karakteristik anti-jamur yang membantu menghilangkan penumpukan minyak dari kulit kepala sehingga produksi minyak lebih terkontrol.

Menggunakan scrub ringan yang terbuat dari jus lemon dan minyak zaitun pada kulit kepala sebelum keramas akan membantu menghilangkan minyak, kotoran, dan gatal-gatal, serta menghilangkan ketombe untuk selamanya.

Baca Juga: Bikin Glowing, Jus Lemon Dapat Perbaiki Kesehatan Kulit dan Rambut
Manfaat Lemon yang Mujarab Turunkan Berat Badan dan Kecantikan



3. Memperbaharui untaian rambut

Air lemon mengandung limonen yang membantu memperbarui rambut kering, keriting, dan kasar. Jus lemon mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang membantu menjaga rambut tetap halus dan sehat. Jus lemon juga mengandung asam folat dan vitamin C yang tinggi sehingga membuat rambut panjang berkilau dan halus.