Kontes Bonsai Nasional, Ada yang Seharga Mobil Fortuner

Kontes Bonsai Nasional di Pasuruan. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:45 WIB

Ratusan para pecinta tanaman bonsai dari berbagai wilayah penjuru Tanah Air, adu pesona kecantikan di ajang pameran dan kontes bonsai tingkat nasional dalam event Pekan Raya Pasuruan Madinah Van Java GOR Untung Soeropati Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan para pecinta bonsai ini, bertujuan memotivasi para pencinta tanaman hias sebagai bentuk seni, hobi, dan kreatifitas. Selain itu juga menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dalam mengolah tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Pameran dan kontes tanaman bonsai digelar mulai tanggal 27 Agustus hingga 4 September 2022, ada sebanyak 350 tanaman bonsai yang dipamerkan dan adu kontes. rata-rata usianya puluhan tahun. Mulai dari jenis bonsai beringin Jepang, serut, kimeng, bonsai sakura, hokianti, santigi, anting putrid, bonsai cemara, hingga bonsai bougenville ikut ramaikan pameran dan kontes ini,” beber Ketua Umum Rumah Bonsai Indonesia (Rubi), Zudan Arif Fakhrullah kepada Sariagri, Senin (29/8/22).

Sementara peserta yang hadir meramaikan ajang ini beradar dari berbagai daerah. Mulai Jakarta, Bali, Magelang, Semarang, Pasuruan, Probolinggo, Gresik, Lamongan dan Banyuwangi.

Zudan menambahkan dari ratusan bonsai yang dipamerkan, ada satu bonsai unik yang memiliki harga jual fantastis, yakni bonsai jenis serut yang pernah ditawar untuk ditukar dengan satu mobil Toyota Fortuner seharga Rp600 juta.

“Selain berharga fantastis, bonsai serut itu juga menyabet empat kategori  penghargaan bonsai terbaik dalam pameran kali ini,” imbuhnya.

Menurut Zudan, tanaman bonsai adalah salah satu komoditas yang memiliki potensi besar untuk bisa menggerakkan perekonomian.

“Dengan adanya pameran ini masyarakat bisa melihat potensi bonsai sebagai sumber-sumber pendapatan baru dan bisa menggerakkan ekonomi kreatif,” pungkasnya. 



Video Terkait



Baca Juga: Kontes Bonsai Nasional, Ada yang Seharga Mobil Fortuner
Meski Mungil, Tanaman Bonsai Ternyata Juga Punya Keunggulan Lho!