Ciri Unik Tanaman yang Hidup di Gurun, Salah Satunya Berlapis Lilin?

Ilustrasi kaktus. (pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 31 Agustus 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Bumi memiliki banyak jenis ekosistem dengan ciri khasnya masing-masing. Perbedaan inilah yang mempengaruhi tentang makhluk hidup yang ada di dalamnya. Berikut ini kita akan membahas mengenai tanaman yang hidup di gurun atau tempat kering.

Gurun adalah salah satu ekosistem yang sangat ekstrem di bumi. Pasalnya di sana sumber air sangat minim. Selain itu suhunya juga sangat tinggi. Dengan kondisi seperti itu, membuat tidak banyak tanaman mampu bertahan hidup.

Ciri-ciri tanaman yang mampu bertahan hidup di gurun

Meski tidak banyak, ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa hidup dan bertahan di kondisi yang sangat ekstrem tersebut. Faktor suhu yang sangat panas dan pasokan air yang minim, membuat tanaman yang ada disana merubah beberapa bagian tubuh mereka.

Beberapa pertumbuhan tanaman tersebut menjadi ciri khas dari tumbuhan gurun, di antaranya adalah:

1. Memiliki daun kecil dan lebar

Ciri tanaman ini salah satunya yaitu memiliki daun yang kecil, seperti misalnya adalah kaktus. Kaktus memiliki duri tajam yang merupakan sebuah bentuk adaptasi atau penyesuaian perubahan dari daun yang dimilikinya.

Tujuan daun yang kecil ini adalah untuk menyimpan sebanyak-banyaknya cadangan air yang dimilikinya dan mengurangi jumlah penguapan yang mungkin terjadi.

Meski begitu ada juga sebagian jenis tumbuhan gurun yang memiliki daun berukuran lebar dan memanjang. Pada dasarnya, ukuran daun yang lebar ini memiliki fungsi yang serupa seperti batang pada kaktus, untuk mencegah penguapan berlebih.

2. Memiliki tubuh berlapis lilin

Ciri selanjutnya adalah memiliki tubuh yang berlapis lilin. Ada beberapa tumbuhan yang melapisi hanya bagian daunnya saja, namun ada juga beberapa tumbuhan yang melapisi semua bagian tubuhnya, termasuk batang dengan lapisan lilin ini.

Lapisan ini berperan penting untuk mengurangi penguapan yang berlebih dari dalam tubuh tumbuhan. Tak hanya itu, lapisan lilin berfungsi untuk mengurangi penerimaan panas cahaya matahari yang mengenai tumbuhan.

3. Memiliki batang berukuran besar

Tumbuhan yang hidup di gurun umumnya juga dapat dicirikan dari ukuran batangnya yang cukup besar. Besarnya batang ini berfungsi untuk menyimpan air di dalam tubuh tumbuhan. Meski begitu, ada juga jenis tumbuhan gurun yang memiliki batang yang ramping.

Baca Juga: Ciri Unik Tanaman yang Hidup di Gurun, Salah Satunya Berlapis Lilin?
Intip Jenis Tanaman Pakis yang Banyak Dipelihara

Namun perlu diketahui, batang tanaman ini pada dasarnya tak berkayu atau sangat sedikit sekali jika menemukan tanaman yang berkayu. Alasannya karena tumbuhan ini sudah mengubah bentuk bagian tubuh mereka agar lebih banyak dapat menyimpan air.

4. Memiliki akar panjang

Biasanya tumbuhan yang hidup di area gurun ini memiliki akar yang jauh lebih panjang dari tumbuhan lain. Akar ini bertujuan untuk mencari sumber air yang ada di bawah. Selain panjang, akar ini juga menyerupai akar serabut yang berperan sebagai penompang untuk menopang tubuhnya sendiri.