Tips Menggunaan Tanaman Angsana untuk Pengobtaan Herbal

Ilustrasi pohon angsana (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Reza P - Rabu, 31 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Angsana adalah tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal. Biasanya bagian angsana yang dapat dikonsumsi dan berguna bagi kesehatan adalah akar, daun, dan batang.

Beberapa kandungan yang dimiliki angsana antara lain senyawa alkohol seperti petrol, metanol, butanol, asetat etil, dan dichloromethane. Semua kandungan tersebut telah teruji secara klinis dapat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Cara Penggunaan Angsana

Angsana memiliki rasa yang cenderung manis, tajam, serta sedikit pahit. Untuk mengkonsumsinya tidak sulit dan tanpa membutuhkan aturan khusus. Adapun beberapa cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Seduhan

Biasanya sebelum digunakan, daun angsana dikeringkan terlebih dahulu lalu dimasak dengan air hingga mendidih layaknya teh. Namun terkadang ada juga yang langsung memasaknya dengan air hingga mendidih, tanpa harus dikeringkan terlebih dahulu.

Nantinya air rebusan ini dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kepala, gangguan pencernaan, diare, ulser, batuk, kanker, diabetes, sariawan, gangguan menstruasi, anti oksidan, memperindah rambut dan menjaga kekebalan tubuh.

Sementara untuk pengobatan obat kumur dan diare, air seduhan ini sebaiknya ditambahkan dengan garam. Namun jika dikonsumsi untuk anak-anak, air seduhan ini dapat ditambahkan dengan gula aren atau gula merah.

2. Membuat Jus

Selain diseduh, angsana juga bisa di jus. Jus ini terbuat dari akar yang dipotong lalu dihancurkan dengan menambahkan air. Jus angsana ini diyakini dapat mengobati penyakit kelamin

3. Membuat Pasta

Cara penggunaan daun angsana lainnya yaitu dengan membuat pasta. Tumbuklah daun pasta hingga halus lalu direbus selama 1 menit. Pasta yang sudah dingin ini kemudian ditempelkan pada luka bakar secara perlahan.

Selain luka bakar, daun angsana juga bisa dimanfaatkan sebagai sampo saat mencuci rambut. Setelah itu bilas hingga bersih.

4. Membuat Ramuan Daun Angsana

Cara keempat adalah dengan membuat ramuan. Gunakan daun angsana sebanyak 3 gram lalu campurkan dengan daun keiji serta daun kumis kucing.

Baca Juga: Tips Menggunaan Tanaman Angsana untuk Pengobtaan Herbal
Mengenal Eucalyptus, Tanaman Herbal yang Diklaim Bica Mencegah Virus Corona

Tambahkan air sebanyak 115 ml lalu rebus hingga mendidih dan diminum sebanyak 110 ml setiap hari. Ramuan ini dipercaya untuk mencegah dan mengobati batu ginjal yang ada dalam tubuh.

5. Membuat Face Mist

Tunas daun angsana yang maish muda bisa direbus hingga mendidih dan kemudian didinginkan. Air rebusan ini nantinya dapat dijadikan sebagai face mist, yang bisa bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat pada wajah serta mencegah penuaan dini.

Bahkan air rebusan ini bisa juga digunakan untuk mempercepat proses pecahnya bisul

Video Terkait