Jangan Salah Beli, Ketahui Ciri-ciri Saffron yang Asli dari Bentuk Fisiknya

Ilustrasi saffron (Flickr)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 2 September 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Saffron merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang terkenal dalam dunia perdagangan internasional. Bagaimana tidak, rempah ini banyak diminati sehingga banyak juga diperjualbelikan di mancanegara.

Padahal harga dari rempah yang satu ini tergolong sangat fantastis. Untuk satu gramnya saja, saffron bisa dihargai mencapai ratusan ribu rupiah. Mahalnya harga ini membuat banyak pedagang nakal yang akhirnya memalsukan saffron demi meraup keuntungan besar.

Tanpa memikirkan dampaknya, mereka menjual saffron berkualitas rendah atau bahkan saffron palsu ke para pembeli. Cara yang mereka lakukan beragam, ada yang menambah kelembapan dengan menyemprotkan kabut air, sehingga menambah bobot produk sekitar 10-15 persen lebih berat.

Ada juga cara lain yang penjual lakukan, dengan menambahkan benang jagung dan menyemprotkan bahan kimia pewarna agar terlihat seperti saffron.

Ketahui Ciri-ciri Saffron yang Asli

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sebagai pembeli atau konsumen lebih jeli lagi melihat keaslian saffron. Hal ini bertujuan guna menghindari dampak buruk atau potensi bahaya lainnya bagi kesehatan.

Baca Juga: Jangan Salah Beli, Ketahui Ciri-ciri Saffron yang Asli dari Bentuk Fisiknya
Terkuak! Ini Alasan Mengapa Harga Saffron Bisa Melambung Tinggi

Beberapa cara yang bisa Sobat Agri lakukan, salah satunya dengan mengidentifikasi saffron asli dengan melihat bentuk fisiknya sebagai berikut.

1. Putik

Putik saffron bagian atasnya berbentuk seperti terompet dan semakin menyempit ke bagian bawah. Warna putik saffron semuanya merah, tidak ada campuran warna lain. Putik saffron kering dan rapuh saat disentuh.

2. Akar

Akar saffron asli melengkung, berbeda dengan akar jagung yang lurus.

3. Kondisi kering

Jangan lupa pastikan saffron yang dibeli dalam keadaan kering dan tidak lembap, lembut, dan memiliki aroma segar.

Video Terkait