Terobosan Baru, Jamur Ajaib Ternyata Efektif Obati Kecanduan Alkohol

Ilustrasi jamur ajaib. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 1 September 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Berbagai penelitian semakin membuktikan bahwa jamur memiliki banyak manfaat, termasuk untuk pengobatan medis. Studi terbaru menemukan bahwa psilocybin, senyawa psikedelik yang ada dalam jamur ajaib bisa menjadi pengobatan yang menjanjikan untuk orang yang kecanduan minuman beralkohol.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di New York University dan diterbitkan di JAMA Psychiatry, menemukan bahwa peminum (alkohol) berat yang diberi terapi dengan bantuan psilocybin mengurangi konsumsi minumnya hingga 83%. Capaian ini lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan plasebo antihistamin yang mampu mengurangi konsumsi alkohol hingga 51%.

Bahkan menurut hasil penelitian, delapan bulan setelah dosis psilocybin pertama diberikan, hampir setengah (48%) dari 93 orang peserta penelitian bisa berhenti minum sama sekali.

“Itu (pengobatan psilocybin) benar-benar mempengaruhi hidup saya dan saya katakan itu telah menyelamatkan hidup saya,” kata Jon Kostas, 32 salah seorang peserta penelitian yang tinggal di New York.

“Harapan terbesar saya adalah dapat mengelola keinginan (minum alkohol) saya. Tapi (hasil penelitian) ini melampaui harapan itu. Itu menghilangkan keinginan saya,” tambahnya.

Hasil penelitian ini memang sangat menggembirakan, karena kecanduan alkohol adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan atau diobati.

"Studi ini adalah terobosan besar. Mengobati penyalahgunaan alkohol sangat sulit, dan beberapa obat yang ada memiliki efektivitas jangka panjang yang terbatas," kata Charles Marmar, ketua psikiatri di NYU Langone Health seperti dilansir statnews.com.

 

Video Terkait



Baca Juga: Terobosan Baru, Jamur Ajaib Ternyata Efektif Obati Kecanduan Alkohol
Obat dari Jamur Parasit Ini Diklaim Bisa Membunuh Sel Kanker 40 Kali Lebih Efektif