Buah Bit Bisa Jadi Pewarna Rambut Alami Lho, Coba Yuk!

Ilustrasi buah bit. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Jumat, 30 September 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Pewarna rambut organik memang tengah marak dalam dunia kecantikan. Selain ramah lingkungan, pewarna rambut organik juga minim memberikan efek samping pada kulit dan rambut.

Melansir Love To Know, salah satu pewarna rambut organik yang bisa dicoba adalah buah bit. Selain bisa memberikan warna rambut yang diinginkan, buah bit juga menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Meski tidak bisa bertahan lama, pewarna rambut alami dengan buah bit ini bisa bertahan hingga 10-12 kali keramas lho. Nah, untuk membuat pewarna rambut dari buah bit ada bahan-bahan yang harus disiapkan.

Pertama, sediakan tiga bit mentah, satu atau dua wortel ukuran sedang, satu atau dua sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun, satu sendok makan madu, satu sendok makan jahe segar (optional) dan secangkir teh hitam segar yang diseduh (optional).

Pewarna rambut dari buah bit bisa bertahan lebih lama bila dicampurkan dengan bahan-bahan opsional.

Langkah pertama untuk membuat pewarna rambut dari buah bit adalah dengan mencuci wortel dan buah bit. Kemudian kupas keduanya dan iris-irislah.

Setelah diiris, tempatkan dalam wadah terpisah. Lembutkan buah bit dengan juicer lalu saring hingga menjadi bubu atau pasta. Setelah itu, lembutkan wortel, lakukan proses yang sama.

Dapatkan perbandingan 1:1 untuk bit dan wortel. Untuk memudahkannya, pisahkan di gelas berbeda ketika selesai dilembutkan. Setelah itu, campurkan keduanya.

Untuk memperpanjang umur pewarna bisa tambahkan secangkir teh hitam yang baru diseduh. Kemudian, campurkan dua sdm minyak kelapa atau zaitun untuk mengentalkan campuran tersebut. Namun, pewarna akan menjenuhkan rambut lebih baik tanpa minyak.

Proses pengecatan dengan pewarna dari buah bit bisa dimulai. Gunakan pakaian lama sebagai antisipasi campuran mengenai kulit. Oleskan minyak kelapa di sekitar garis rambut di sepanjang wajah dan telinga untuk mencegah noda dari pewarna.

Kemudian, gunakan jepit rambut untuk membuat beberapa bagian rambut yang akan diberikan pewarna. Oleskan pewarna dengan kuas rias ke setiap bagian rambut. Mulailah dari akar ke sepanjang rambut.

Baca Juga: Buah Bit Bisa Jadi Pewarna Rambut Alami Lho, Coba Yuk!
Gak Perlu ke Salon! Ini Cara Mudah Buat Masker untuk Perawatan Rambut

Ulangi beberapa kali hingga rambut benar-benar jenuh. Setelah itu, tutupi rambut dengan hair cap atau penutup rambut dari plastik. Biarkan minimal empat jam.

Untuk hasil terbaik, duduklah di bawah sinar matahari untuk memastikan pewarna matang menjadi lebih hidup. Panas akan mengaktifkan sifat bit dan mengubah warna rambut. Cara lainnya, bisa dengan membiarkannya semalaman. Rambut akan kering dengan sendirinya. Jangan dicuci setidaknya selama 24 jam.

Bagaimana Sobat Agri, mudah bukan? selamat mencoba ya!

Video Terkait