Kerap Disepelekan, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memelihara Kaktus

Ilustrasi Merawat Kaktus (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Jumat, 9 September 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Sudah tidak asing lagi jika kaktus saat ini menjadi tanaman hias yang banyak difavoritkan. Mulai dari yang ukuran kecil untuk diletakkan di meja tamu atau yang berukuran besar yang umumnya untuk menghiasi halaman rumah.

Tanaman yang bernama ilmiah Cactaceae ini termasuk tanaman yang cukup mudah dipelihara dan tidak perlu perawatan khusus. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa menyepelekan dalam perawatannya, ya.

Permasalahannya, masih banyak yang salah dalam merawat tanaman kaktus. Alhasil kaktus kesayangan malah jadi busuk atau lembek.

Agar kamu tidak terjadi hal tersebut, berikut ini lima kesalahan yang biasa terjadi saat merawat kaktus.

1. Meletakkannya di tempat lembab

Kaktus merupakan tanaman golongan sukulen yang sangat membutuhkan sinar matahari. Selain itu, kaktus juga dapat menyimpan banyak air di batangnya.

Tanaman kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembab karena tanaman ini memiliki daging kaktus yang tebal. Jika tanaman kaktus diberi terlalu banyak air lalu diletakkan ditempat yang lembab, maka tanaman akan cepat membusuk dan mati.

2. Cara penyiraman yang salah

Selain frekuensi penyiraman, penting pula untuk memperhatikan cara penyiraman tanaman kaktus yang tepat. seperti yang disebutkan di atas barusan, jika tanaman berduri ini bisa menyimpan banyak air di batangnya.

Jadi, kamu disarankan untuk melakukannya pada pagi atau sore hari dan menggunakan semprot khusus supaya tanaman kaktus tidak terlalu lembab. Ingat ya, hanya semprotkan pada bagian batangnya saja dengan volume air yang sedikit.

3. Mengabaikan pertumbuhan

Mengganti media tanam pada tanaman kaktus perlu dilakukan jika kaktus tidak menunjukkan pertumbuhan sama sekali. Untuk melakukannya, kamu perlu mengganti media lama dan membersihkan semua akar halus pada tanaman.

Baca Juga: Kerap Disepelekan, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memelihara Kaktus
Bahan Alami Ini Ampuh Mengusir Semut di Tanaman

Kemudian keringkan tanaman selama satu hingga dua minggu di tempat cukup sinar matahari. Setelah tanaman dibersihkan, tanam kembali kaktus menggunakan media tanam yang baru dan biarkan selama dua hingga tiga minggu tanpa perawatan apapun ataupun disiram.

Bila sudah dua minggu, baru siram tanaman dengan benar, seperti petunjuk yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Tidak diberi pupuk

Tanaman kaktus juga perlu diberi pupuk agar bisa berkembang dengan baik seperti tanaman lain. Tapi jangan gunakan sembarang pupuk. Kaktus harus menggunakan pupuk organik atau NPK yang bisa dibeli di toko tanaman hias.