5 Tanaman Herbal Ini Bisa Obati Penyakit, Tanam di Rumah Yuk!

Ilustrasi Daun Mint (Freepik)

Editor: Dera - Rabu, 7 September 2022 | 15:45 WIB

Sariagri - Tak hanya tanaman bunga yang memiliki banyak peminat, tanaman herbal ternyata juga banyak diminati, loh.

Apalagi tanaman herbal seperti rempah-rempah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Jadi, kamu sudah pasti sangat beruntung jika menanamnya di rumah. 

Penasaran tanaman herbal apa saja yang bisa mengobati penyakit? yuk simak ulasanya. 

1. Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan dalam jahe efektif mencegah stress dan membantu melawan penyakit kronis seperti jantung dan paru-paru. Selai antioksidan, jahe juga mengandung senyawa anti inflamasi yang berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan hingga batuk.

Jahe bisa ditanam dengan langsung menanam rimpang ke lubang tanam. Menanam rimpang jahe sedikit lebih mudah dibanding dengan penanaman dari bibit yang harus disemai sebelum ditanam.

2. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai rempah-rempah melainkan digunakan juga sebagai obat herbal. Kunyit banyak digunakan sebagai bahan jamu yang berguna untuk mengatasi nyeri sendi, maag, hingga mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kunyit juga banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit kulit, seperti jerawat, bekas luka, hingga eksim. 

Sebelum menanam kunyit kamu membutuhkan bibit kunyit dan media tanam. Setelah itu beri lubang pada tanah dan masukkan bibit kunyit dengan posisi menghadap ke atas. Lakukan penyiraman dan perawatan hingga kurang lebih 7-8 bulan hingga kunyit bisa dipanen. 

3. Daun Parsley

Parsley termasuk salah satu tanaman obat yang mengandung sejumlah vitamin A dan C serta tinggi antioksidan sebagai flavonoid. Parsley banyak digunakan untuk meredakan peradangan alergi.

Untuk menanam parsley di rumah cukup mudah, hanya dengan menabuh benih ke atas tanah lalu ditutup dan disiram secara rutin. Setelah itu beri sedikit pupuk dan lakukan perawatan rutin hingga daun parsley tumbuh dengan baik.

4. Daun Mint

Daun mint dikenal sebagai campuran minuman dan makanan yang memberikan efek segar dalam tubuh. Tak banyak yang tahu bahwa daun mint digunakan sebagai obat, seperti mengobati perut sakit dan menghilangkan stres. 

Daun mint bisa ditanam di rumah meskipun dengan lahan kecil bahkan dalam pot. Uniknya jika tanaman mint bisa digunakan untuk mengusir hama dan serangga.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal Ini Bisa Obati Penyakit, Tanam di Rumah Yuk!
Tips Menggunaan Tanaman Angsana untuk Pengobtaan Herbal

5. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya banyak dikenal dan digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Tanaman lidah buaya berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut, dan meringankan iritasi gatal pada kulit dan kulit yang terbakar matahari.

Menanam lidah buaya cukup mudah dan bisa ditanam langsung ke tanah dalam pot. Untuk perawatannya terbilang mudah karena tidak memerlukan banyak air, hanya memastikan tanaman banyak terkena sinar matahari.

Video Terkait