Sering Dianggap Gulma, Bunga Dandelion Ternyata Menyimpan Segudang Manfaat

Ilustrasi bunga dandelion (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Minggu, 11 September 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Apakah Sobat Agri pernah mendengar bunga dandelion? Bunga ini merupakan salah satu tanaman yang tumbuh liar di sekitar rerumputan. Banyak orang menganggap bunga ini sebagai gulma atau tanaman liar. Namun tak disangka ternyata bunga cantik ini punya sederet manfaat untuk kesehatan.

Bahkan sejak dahulu, selama berabad-abad lamanya bunga dandelion telah banyak digunakan untuk membantu mengobati beberapa penyakit. Bahkan ahli botani menyebut bahwa dandelion adalah tanaman herbal. Semua bagian, mulai dari daun, batang, bunga, sampai akarnya dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan.

Manfaat Bunga Dandelion bagi Kesehatan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beragam manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman dandelion.

1. Menangkal Radikal Bebas

Siapa yang menyangka, tumbuhan liar ini ternyata mengandung beta karoten dan polifenol, yaitu senyawa antioksidan yang mampu menetralisir efek berbahaya dari radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang menjadi penyebab penuaan atau sumber penyakit seperti kanker dan sebagainya.

2. Menurunkan Kolesterol

Dari hasil penelitian berjudul “Hypolipidemic and Antioxidant Effects of Dandelion (Taraxacum officinale) Root and Leaf on Cholesterol-Fed Rabbits” yang meneliti efek konsumsi dandelion pada kelinci, menyebutkan akar dan daun dandelion dapat menurunkan kolesterol pada hewan. Namun hal ini belum bisa dipastikan pada manusia karena belum ada temuan lebih lanjut.

3. Mengatur Gula Darah

Melansir dari Medical News Today, pada tahun 2016, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman yang satu ini mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur gula darah.

Hal ini karena sifat antihiperglikemik, antioksidan, dan antiinflamasi pada dandelion sehingga dapat membantu mengobati diabetes tipe 2. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Mengurangi Peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dan senyawa dandelion dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Studi tahun 2014 yang telah dipublikasikan dalam National Library of Medicine, para peneliti menemukan bahwa bahan kimia yang ada dalam dandelion memiliki beberapa efek positif dalam mengurangi respons peradangan.

Kendati demikian, penelitian ini dilakukan dalam sel dan bukan pada peserta manusia. Alhasil, perlu penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan efek anti peradangan dari dandelion di tubuh manusia.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Diketahui, dandelion adalah tanaman yang mengandung potassium, yaitu senyawa baik yang mampu menurunkan tekanan darah, terutama pada pengidap tekanan darah tinggi.

6. Menurunkan Berat Badan

Dandelion mengandung asam klorogenat, yaitu bahan kimia yang mampu meningkatkan metabolisme karbohidrat dan mengurangi penyerapan lemak. Dengan kata lain, tanaman ini disinyalir mampu menurunkan berat badan dan retensi lipid. Namun, hal ini belum ada bukti yang kuat.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, ditemukan bahwa dandelion juga bersifat antivirus dan antibakteri. Satu studi tahun 2014 yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine, menemukan bahwa dandelion membantu membatasi pertumbuhan hepatitis B pada sel manusia dan hewan dalam tabung reaksi.

Baca Juga: Sering Dianggap Gulma, Bunga Dandelion Ternyata Menyimpan Segudang Manfaat
Anti Stres, Ini 7 Tanaman Berbunga Harum yang Wajib Kamu Tanam di Rumah

8. Melancarkan Pencernaan

Masyarakat dulu, telah lama memanfaatkan dandelion sebagai bahan pengobatan herbal. Tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Namun menurut para peneliti, manfaat ini hanya terbukti pada hewan. Sementara pada manusia masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Video Terkait