Mengenal Kentos Kelapa yang Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi Kentos (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 13 Oktober 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Segarnya air dan daging kelapa muda memang tidak ada tandingannya. Namun, apakah kamu tahu pernah mencoba makan kentos kelapa?

Kentos kelapa adalah cikal bakal pembentukan tunas kelapa yang berbentuk bulat dan terletak pada bagian dalam daging buah kelapa yang sudah tua.

Sama seperti daging buah kelapa, kentos kelapa ini juga bisa dimakan. Bila ingin menemukan kentos kelapa, kita perlu membelah buah kelapa terlebih dulu.

Jika kentos kelapa berukuran kecil, maka rasanya akan cukup manis. Namun, semakin besar ukuran kentos kelapa, maka semakin hambar rasanya.

Sayangnya, banyak orang yang membuang kentos kelapa karena dianggap tidak bermanfaat. Padahal, kentos kelapa mengandung segudang nutrisi yang menawarkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan dalam kentos kelapa tersebut misalnya karbohidrat, serat, kalium, mangan, kalsium, fosfor, dan magnesium.

Selain itu, kentos kelapa juga mengandung antioksidan pencegah penyakit. Kentos kelapa juga mempunyai manfaat untuk mencegah kerusakan pada pembuluh darah, mengandung zat besi, vitamin, dan mengandung protein.

Oleh sebab itu, kentos kelapa sangat baik untuk mengobati kurang darah dan membantu mempercepat penyembuhan luka. Memakan kentos kelapa juga bisa meningkatkan sistem imun, teman-teman.

Baca Juga: Mengenal Kentos Kelapa yang Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Awas! Jangan Minum Air Kelapa Jika Mengidap 5 Penyakit Ini

Antioksidan selenium pada kentos kelapa memberikan manfaat berupa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini ternyata berdampak besar dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan.

Alasan utama mengapa orang menyukai kentos kelapa adalah karena teksturnya yang menarik, yang katanya seperti spons tetapi renyah. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk mencobanya?