Belajar dari Astronot, Siswa di Cina Diajari Merawat Tanaman Luar Angkasa

Varietas tanaman yang dikembangkan di luar angkasa. (bigasia.ru)

Editor: Dera - Minggu, 11 September 2022 | 08:00 WIB

Cina meluncurkan kegiatan sains populer bertema Menumbuhkan Tanaman Bersama Astronotpada Jumat (9/9) kemarin.

Dalam acara peluncuran yang dilaksanakan secara online dan offline, siswa dari sekitar 30 sekolah di Beijing, Shanghai, Yunnan, dan wilayah lainnya menonton video yang menampilkan astronot Shenzhou-14 berbagi eksperimen budidaya tanaman di stasiun luar angkasa.

Melasnir Xinhua, eksperimen pertanian luar angkasa diluncurkan pada 29 Juli dengan instruksi darat. Sampel benih dua tanaman, Arabidopsis dan padi, dipasang di lemari percobaan ekologi kehidupan modul lab. Kedua tanaman itu telah berkecambah dan sekarang dalam kondisi baik.

Selain menonton video, para siswa juga menanam Arabidopsis dan benih padi di tanah, lalu mereka mengamati perkembangannya.

Baca Juga: Belajar dari Astronot, Siswa di Cina Diajari Merawat Tanaman Luar Angkasa
Ilmuwan Lakukan Rekayasa Genetika Agar Tanaman Serap Lebih Banyak Karbon

Pengamatan penanaman akan berlangsung hingga 30 Oktober, di mana kegiatan bertema Merawat Tanaman Luar Angkasa dan Tanaman Lukis Tangan juga akan dilakukan melalui platform siaran langsung.

Dalam kegiatan tersebut, para ahli akan menjelaskan unit tanam, menginterpretasikan pengetahuan fisik dan teknik tumbuh tanaman di stasiun luar angkasa, serta menunjukkan kemajuan penanaman di stasiun luar angkasa dan prestasi penanaman siswa. 

Video Terkait