Kala Cina Puji Standarisasi Budidaya Durian di Vietnam

Ilustrasi durian. (Foter.com)

Editor: Dera - Senin, 12 September 2022 | 13:15 WIB

Administrasi Umum Bea Cukai Cina (GACC) memberikan komentar baik terhadap daerah penanaman durian di provinsi Dataran Tinggi Tengah Dak Lak, Vietnam.

Badan tersebut bersama dengan Departemen Perlindungan Tanaman Vietnam telah melakukan penilaian online terhadap 25 area penanaman durian dari Krong Pak Fruit Cooperative dan Dung Thai Son Import-Export Trading JSC. Keduanya termasuk perusahaan yang diakui Cina dan memenuhi syarat untuk ekspor durian melalui saluran resmi.

Melansir Vietnam Plus, Badan tersebut memeriksa total 38 kode area penanaman dan enam fasilitas pengemasan selama hampir setengah bulan dengan luas gabungan 1.500 hektare. Namun, hasil resminya belum diumumkan.

Le Anh Trung dari Thai Son Export-Import and Construction JSC mencatat bahwa karena Cina masih menerapkan kebijakan “Zero COVID”, GACC memberikan perhatian khusus pada manajemen pencegahan dan pengendalian pandemi di sektor pertanian, termasuk Pengendalian Hama Terpadu (PHT), karantina tumbuhan, serta penilaian residu pestisida pada produk pertanian.

Menurut Departemen Produksi Tanaman Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan (MARD) Vietnam, produksi durian Vietnam tahun 2021 diperkirakan mencapai 600.000 ton, naik 15% tahun-ke-tahun.

Vietnam saat ini memiliki sekitar 50.000-60.000 hektare area penanaman durian untuk ekspor resmi, terutama di Provinsi Tay Ninh, Binh Duong, Dong Nai, Binh Phuoc, Tien Giang, dan Dak Lak.

Durian akan menjadi buah Vietnam ke-11 yang memasuki pasar Cina melalui jalur resmi, mengikuti protokol yang ditandatangani oleh Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Le Minh Hoan pada Juli lalu.

Baca Juga: Kala Cina Puji Standarisasi Budidaya Durian di Vietnam
Jual Durian Dari Dalam Rumah, Pemuda Ini Sukses Raup Jutaan Rupiah

Protokol persyaratan fitosanitasi durian Vietnam yang diekspor ke Cina berlaku efektif dalam waktu tiga tahun. Protokol itu akan dikirim ke Administrasi Umum Bea Cukai Cina dan dipublikasikan di portalnya, bersama dengan daftar area penanaman durian yang memenuhi syarat dan fasilitas pengemasan di Vietnam.

Durian Vietnam akan diizinkan secara resmi diekspor ke Cina setelah protokol diterbitkan. Sebelumnya, buah naga, semangka, leci, lengkeng, pisang, mangga, nangka, rambutan, manggis, dan markisa dari Vietnam juga diizinkan untuk dikirim ke Cina melalui jalur resmi.

Video Terkait