Ini Dia 5 Daerah Penghasil Nanas Terbanyak, Lampung Teratas

5 daerah penghasil nanas terbanyak

Editor: Yoyok - Senin, 12 September 2022 | 15:15 WIB

Sariagri - Sebagai tumbuhan tropis, nanas (Ananas comosus) banyak dikembangkan di sejumlah daerah di Indonesia. Ini memungkinkan karena nanas mudah dimakan dan menjadi tumbuhan yang paling penting secara ekonomi. 

Nanas bukan semata untuk konsumsi dalam negeri. Nanas sekarang banyak diolah kemudian diekspor. Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak diminati baik di dalam maupun di luar negeri. Nilai ekspor nanas pun kian menanjak saban tahunnya.

Kian berkembangnya nanas terkait dengan ketersediaan bibit hasil penangkaran sendiri yang unggul, ketersediaan lahan, pengembangan varietas baru yang dipadukan dengan adopsi teknologi kultur jaringan akan mampu menciptakan nanas unggul berkualitas, dan kontinuitas.

Untuk itu, produksi nanas yang unggul harus didukung oleh ketersediaan sarana produksi yang memadai, kelembagaan petani yang mantap dan profesional serta kebijakan pemerintah yang memihak kepada petani nanas. Lebih dari itu, strategi pemasaran yang tepat sasaran, adanya industri pengolahan nanas serta didukung kebijakan moneter yang menguntungkan bagi petani nanas.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat total produksi nanas nasional pada tahun 2021 mencapai 2.886.417 ton. Dari jumlah ini, Provinsi Lampung menduduki perangkat teratas dengan jumlah produksi nanas sebanyak 705.883 ton, diikuti Sumatera Selatan 476.074 ton, Riau 354.878 ton, Jawa Tengah 344.852 ton, dan Jawa Barat sebanyak 276.195 ton nanas.

Di Provinsi Lampung, daerah yang tergolong menjadi pusat penghasil buah yang satu ini yaitu Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan. Nanas Subang yang ditanam di Lampung bahkan sudah diekspor ke luar negeri.

Baca Juga: Ini Dia 5 Daerah Penghasil Nanas Terbanyak, Lampung Teratas
One Day with Indonesian Coffee Fruits and Flowers di Belgia Jadi Pintu Peningkatan Ekspor Produk RI

Negara tujuan ekspor nanas dari Indonesia adalah Amerika Serikat, Spanyol, China, Belanda, Singapura, Jepang, Argentina dan Jerman untuk nanas olahan (kaleng). Sementara itu negara tujuan ekspor nanas segar adalah United Arab Emirates, Jepang dan Saudi Arabia.

Sedangkan secara global, Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai produksi nanas terbesar, di bawah Filipina, Kosta Rika, dan Brasil.

Video Terkait