5 Daerah Penghasil Saffron Terbesar di Indonesia

Ilustrasi rempah-rempah saffron (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Reza P - Selasa, 13 September 2022 | 12:45 WIB

Sariagri - Saffron merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang namanya sudah mendunia. Bagaimana tidak, rempah yang juga dikenal dengan nama kuma-kuma ini menjadi komoditas buruan oleh banyak negara.

Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, sebab saffron mengandung banyak manfaat dan mampu membuat makanan memiliki rasa pedas san sangat lezat. Padahal, harga rempah satu ini berada diangka yang sangat fantastis. Namun harga mahal ini ternyata memang sebanding dengan kualitas yang terdapat di dalamnya.

Daerah Penghasil Saffron di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa daerah di Indonesia yang mampu menghasilkan saffron dalam jumlah yang banyak.

1. Aceh

Provinsi paling barat di Indonesia ini merupakan daerah yang sudah dikenal sebagai penghasil saffron terbesar. Pasalnya, Aceh memang menyimpan berbagai macam kekayaan alam yang sangat melimpah, salah satunya rempah yang satu ini.

Merangkum informasi yang didapatkan, Aceh memiliki luas lahan mencapai 600 lebih hektare untuk kemudian dimanfaatkan proses perkembangbiakan saffron. Setidaknya ada 4 juta kilogram saffron yang dihasilkan dari kota Aceh pada tahun 2019.

2. Jakarta

Siapa yang menyangka, Jakarta yang merupakan kota metropolitan, ternyata menjadi salah satu daerah penghasil saffron terbanyak di Indonesia. Meski memiliki lahan yang terbatas, Jakarta masih bisa mengolah tempat untuk budidaya pertumbuhan bunga saffron.

Setiap tahunnya petani di Jakarta, melakukan upaya keras dan kehati-hatian guna mendapatkan hasil panen yang melimpah dan juga berkualitas. Saffron ini dibanderol dengan harga melangit, yaitu mencapai 2 juta per kilogramnya.

3. Jember

Daerah penghasil saffron lainnya adalah Jember. Salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur ini, ternyata memiliki banyak petani saffron. Mereka beramai-ramai memanfaatkan peluang usaha ini, salah satunya adalah seorang pemuda bernama Andik.

Nama Andik terkenal karena ia sempat masuk ke dalam berita, berkat usaha saffronnya yang mampu meraih omzet yang sangat tinggi yaitu puluhan hingga ratusan juta setiap bulannya.

4. Garut

Salah satu daerah di Jawa Barat yaitu Garut, juga dikebal sebagai penghasil saffron di Indonesia. Dalam setiap tahunnya, daerah ini mampu memproduksi saffron dalam jumlah yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Harga saffron dari Garut ini dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan saffron dari luar negeri. Hal inilah yang membuat banyak peminat dari berbagai penjuru untuk membeli saffron dari tempat ini.

Baca Juga: 5 Daerah Penghasil Saffron Terbesar di Indonesia
Mengembalikan Kejayaan Rempah Indonesia yang Mensejahterakan Bangsa Sejak Dahulu Kala

5. Jawa Tengah

Daerah lainnya yang mampu menghasilkan saffron adalah Jawa Tengah. Pertumbuhan rempah mahal di provinsi ini didukung oleh jenis tanah Jawa Tengah yang selalu subur dan tidak terlalu panas. Hal ini sangat membantu bunga saffron dapat tumbuh dengan baik.

Setiap tahunnya, Jawa Tengah mampu menghasilkan saffron meski dalam jumlah yang selalu berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena proses produksi yang juga terus mengalami kenaikan karena semakin banyak juga jumlah petani saffron yang membudidayakannya.

Video Terkait