Cara Mudah Budidaya Bunga Aster Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga

Ilustrasi bunga aster (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Reza P - Selasa, 13 September 2022 | 12:15 WIB

Sariagri - Bunga aster adalah salah satu rumpun bunga dari keluarga Asteraceace. Bunga ini memiliki penampilan yang begitu mempesona dengan ciri khas warna terang pada mahkotanya.

Selain cantik, bunga ini juga dikenal mudah beradaptasi dengan berbagai musim dan kondisi lingkungan. Tak heran mengapa bunga yang juga dikenal dengan sebutan daisy atau seruni, banyak ditanam dan dipelihara di Indonesia.

Budidaya Bunga Aster Bagi Pemula

Dengan corak yang mengagumkan, terang saja bunga aster banyak dipilih untuk mempercantik pekarangan. Berikut ini adalah langkah dalam budidaya bunga aster bagi para pemula yang wajib dipahami.

1. Menentukan Jenis Aster

Setidaknya ada 5 jenis aster yang berbeda sesuai dengan bunga yang dihasilkan. Contohnya adalah aster kuning, biru atau putih. Sebelum mulai membudidayakannya, sebaiknya Sobat Agri mulai menentukan jenis bunga aster mana yang akan dipilih.

2. Menyiapkan Media Tanam

Selanjutnya adalah menentukan media tanam. Perlu diketahui, bunga ini menyukai media tanam yang subur agar dapat tumbuh dengan baik. Kamu bisa menggunakan media tanam berupa campuran tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

3. Memilih Benih Aster

Jika kedua langkah diatas sudah dipilih, masuk ke tahapan memilih benihnya. Kamu bisa membeli benih bunga ini di toko bunga. Namun sayang, tidak seperti bunga lainnya, biji aster tidak bisa langsung ditanam, sebab harus dilakukan persemaian terlebih dahulu.

Namun jika kamu memilih bibit aster yang siap tanam dalam bentuk tunas, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan, diantaranya yaitu memilih bunga yang sudah berumur lebih dari 6 bulan. Lalu potong anakan yang muncul di sekitar tanaman induk. Jika sudah maka bunga sudah bisa dipindahkan ke media tanam

4. Menanam Aster

Bunga cantik ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup secara langsung. Oleh karena itu, sebaiknya tanam bunga aster di lahan yang luas dan teduh dengan cukup sinar matahari.

Namun kamu juga bisa menanamnya di dalam pot, dengan menyiapkan pot besar sebagai wadahnya. Perlu diingat, waktu terbaik menanam bunga aster sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

Baca Juga: Cara Mudah Budidaya Bunga Aster Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga
Banyak Manfaat dan Bernilai Jual, Begini Cara Budidaya Kemiri

5. Merawat Bunga Aster

Sama seperti tanaman hias lainnya, bunga aster juga membutuhkan perawatan agar dapat tumbuh subur dan menghasilkan bunga-bunga yang indah. Adapun cara merawatnya yaitu dengan:

- Menyiram sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore agar media tanama tidak kering.
- Memberi pupuk kompos di sekitar tanaman sebanyak sebulan sekali.
- Menggunakan tonggak kayu dan ikatkan pada tanaman agar dapat tumbuh tegak.
- Memotong sedikit ujung batang untuk merangsang tumbuhnya cabang baru
- Memangkas daun yang sudah layu, sebab daun yang sudah mati dapat memicu penyakit pada tumbuhan
- Memasangkan kawat di sekitar tanaman, guna mencegah hama siput untuk datang.

Video Terkait