Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Tempe

Ilustrasi tempe. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Rabu, 14 September 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - Pupuk organik menjadi salah satu yang dicari oleh pecinta tanaman. Tempe termasuk salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat pupuk organik.

Melansir sejumlah sumber, selain ramah lingkungan, pupuk organik tidak memiliki racun untuk buah dan sayuran yang akan dikonsumsi nantinya.

Tempe mengandung protein, karbohidrat, lemak dan serat. Selain itu, tempe juga mengandung natrium, zat besi, magnesium dan kalsium. Tempe pun mengandung fosfor dan kalium.

Sama seperti manusia, kandungan gizi dalam tempe pun bermanfaat untuk tumbuhan. Maka itu, tidak ada salahnya membuat pupuk organik cair dari tempe.

Cara membuat pupuk organik cair dari tempe bisa dilakukan dengan menyiapkan bahannya dahulu. Bahan-bahannya seperti satu liter cucian beras, terasi basah sebesar ibu jari, tiga sendok makan gula pasir, tempe ukuran 5x10 cm dan botol.

Setelah bahan-bahan siap, cara membuat pupuk organik dari tempe pun siap dilakukan. Pertama, potong terasi masukkan ke dalam air cucian beras. Kemudian, masukkan gula pasir tiga sendok makan ke dalam botol berisi cucian beras tersebut.

Potong dadu tempe, lalu masukkan ke dalam air cucian beras. Posisi tempe usahakan supaya mengapung di dalam botol untuk proses pertumbuhan jamur. Untuk itu, pastikan posisi botol stabil dan tidak goyang saat memasukkan tempe.

Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Tempe
5 Daerah Penghasil Saffron Terbesar di Indonesia

Lubangi tutup botol kecil-kecil lalu tutup rapat botolnya. Simpan di tempat teduh dan terhindar dari panas matahari.

Setelah rendaman berusia lima sampai tujuh hari, tempe akan diselimuti jamur berwarna putih. Setelah 10 hari, saringlah dan siap digunakan sebagai pupuk dan pestisida.

Cara membuat pupuk organik cair dari tempe cukup mudah. Larutan sebanyak 5-10 mililiter dapat dicampur dengan 1 liter air. Semprotkan pada tanaman di pagi atau sore hari.

Video Terkait