Tips Membuat Tanaman Tomat Sehat dan Produktif

Ilustrasi tomat. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Tanaman tomat yang sehat dan produktif tentu akan menyenangkan. Pemilik tanaman bisa langsung memetiknya dan mengolahnya menjadi masakan.

Melansir Balcony Garden Web, ada cara untuk membuat tanaman tomat menjadi sehat dan produktif. Caranya adalah dengan staking atau menyangga tanaman.

Alasan menyangga tanaman tomat adalah untuk membuatnya tetap tinggi. Jika tanaman tomat tidak disangga, maka ia akan kekurangan sinar matahari, sirkulasi udara dan daun tetap basah karena penyiraman di atasnya.

Baca Juga: Tips Membuat Tanaman Tomat Sehat dan Produktif
Brimato, Metode Persilangan Sayuran Tomat dan Terung

Tanaman bisa saja membusuk dan mudah terserang karena kontak terus menerus dengan tanah yang lembab. Tidak hanya itu, kelembaban dan serangga yang ada di tanah menyebabkan penyakit pada daun dan buah-buahannya.

Selain menambah kesehatan tanaman tomat, menyangganya juga dapat mempermudah ketika hendak dipangkas. Tanaman tomat yang dipangkas menekankan sebagian besar energi dan mineralnya ke buah.

Kemudian, menyangga tanaman tomat dapat menghemat ruang berkebun karena pertumbuhannya yang vertikal atau lurus ke atas.

Video Terkait