Ingin Punya Shamrock Ungu di Rumah? Perhatikan Hal Berikut

Ilustrasi shamrock ungu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Jumat, 16 September 2022 | 14:15 WIB

Sariagri - Tanaman Shamrock ungu banyak menarik perhatian karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu.

Melansir dari laman Balcony Garden web, shamrock ungu berasal dari Brasil dan bagian dari keluarga oxalidaceae. Tanaman ini memiliki dedaunan berwarna gelap yang terlihat hampir hitam.

Tanaman tersebut membawa bunga putih hingga merah muda pucat atau warna ungu muda. Tumbuh setinggi 0,5-1 kaki dan lebar 1-2 kaki.

Untuk merawatnya di rumah, seseorang harus memperhatikan hal berikut.

1. Cahaya

Cahaya menjadi syarat untuk menanam shamrock ungu di rumah. Saat tumbuh di ruangan, pastikan tanaman tersebut mendapat setidaknya satu atau dua jam sinar matahari langsung ringan setiap hari. Tempatkan pot di dekat jendela yang mendapat cajaya tidak langsung.

Putarlah tanaman sesering mungkin setiap minggu supaya setiap bagian menerima paparan cahaya yang merata. Kurangnya cahaya dapat menyebabkan pertumbuhannya terhambat.

2. Tanah

Tanah juga menjadi syarat untuk menanam shamrock ungu di rumah. Gunakan campuran pot yang dikeringkan dengan baik, lempung atau berpasir yang untuk tanaman hias. Akar tanaman ini rentan busuk jadi hindari menggunakan media tanam yang kompak. Jika ingin membuat sendiri, gunakan satu bagian dari setiap tanah kebun, campuran pot, dan gambut atau sabut kelapa.

3. Air

Syarat menanam shamrock ungu di rumah juga bergantung pada air. Tanaman ini tidak tahan kekeringan dan tumbuh dengan baik di tanah yang sedikit lembab.

Saat menanam di dalam ruangan, berhati-hatilah dan jangan pernah menyiram secara terus menerus karena penguapan di rumah akan rendah dan genangan air dapat menyebabkan akar busuk. Lebih baik menyiram ketika satu inci tanah lapisan atas terasa agak kering untuk disentuh.

4. Suhu dan kelembaban

Shamrock ungu lebih menyukai kisaran suhu yang cukup hangat dan stabil. Jauhkan dari AC, pemanas dan angin karena dapat merusak daun. Kelembaban sedang cocok untuk tanaman ini.

Video Terkait



Baca Juga: Ingin Punya Shamrock Ungu di Rumah? Perhatikan Hal Berikut
Cara Mudah Budidaya Bunga Aster Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga