Mengenal Tanaman Patah Tulang yang Bisa Obati Berbagai Penyakit

Ilustrasi Tanaman Patah Tulang (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Selasa, 27 September 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Patah tulang mungkin terdengar seperti nama sebuah penyakit, namun dalam hal ini patah tulang yang dimaksud adalah nama sebuah tanaman perdu.

Tanaman yang bernama ilmiah Euphorbia tirucalli ini merupakan tanaman perdu yang tumbuh tegak, memiliki tinggi 2-6 meter ini, mempunyai cabang yang banyak, dan bergetah menyerupai susu yang beracun.

Pertumbuhan daun pohon ini sangat jarang dan jika adapun ukurannya akan kecil-kecil. Di Indonesia sendiri selain menjadi tanaman hias, patah tulang juga menjadi tanaman obat.

Bagian yang paling sering digunakan bukanlah daun patah tulang, melainkan getah, akar atau batangnya. Namun berhati-hati dengan getah pohon ini karena mengandung racun berbahaya.

Getah tumbuhan ini bersifat asam, mengandung senyawa euforbon, taraksasterol, α-laktuserol, eufol, senyawa damar yang menyebabkan rasa tajam ataupun kerusakan pada lendir, zat karet, dan zat pahit.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Patah Tulang yang Bisa Obati Berbagai Penyakit
Tak Hanya untuk Bahan Masak, Ini 8 Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Namun, zat obat dari herba ini adalah glikosid, saponin, terpenoid, dan asam ellaf. Manfaat getah patah tulang dapat meredakan cedera ringan seperti mengeluarkan duri yang tertusuk di dalam kulit.

Untuk bagian batangnya dapat dipergunakan untuk menyembuhkan patah tulang, menyembuhkan penyakit kulit. Dan untuk bagian daunnya bisa kamu manfaatkan sebagai penyembuhan tradisional untuk kanker, tumor, kapalan, dan kutil.

Video Terkait