Jangan Salah Berujung 'Zonk', Begini Cara Memilih Alpukat yang Benar

Ilustrasi alpukat.(pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 23 September 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Mungkin selama ini menekan buah alpukat adalah cara untuk mengetahui buah tersebut sudah matang atau belum. Namun, menurut sebuah penelitian yang beredar baru-baru ini, cara tersebut salah. Inilah rahasianya untuk mengetahui apakah alpukat sudah matang atau belum.

Sebanyak 95 persen pembeli pastinya menekan buah alpukat sebelum membelinya. Sebanyak 40 persen setuju bahwa alpukat yang jelek atau busuk karena telah tersentuh banyak orang.

Riset ini telah dilakukan oleh Departemen Pertanian dan Perikanan Queensland yang melakukan kerja sama dengan University of Queensland dan Avocados Australia dengan tujuan membatasi kerusakan pada alpukat dan menemukan cara alternatif untuk kamu dapat mengidentifikasi kematangan.

Buah alpukat yang dipencet berlebihan dapat menyebabkan daging memar atau rusak di bagian dalam selama 24 jam, menurut ketua tim peneliti, Profesor Bruce Joyce.

“Biasanya, pembeli menerapkan kekuatan tekan mulai dari 3 sampai 30 Newtons (N) untuk menilai kematangan alpukat,” katanya.

Sebelumnya, penelitian yang didanai Hort Innovation ini telah mengidentifikasi berbagai cara untuk memastikan penanganan buah yang hati-hati selama tahap pemetikan, pengepakan dan pengapalan.

“Kami ingin memastikan konsumen menerima alpukat kualitas terbaik," ujar John Lloyd, CEO Hort Innovation, dikutip dari Daily Mail.

Saat ini, Prof Joyce sedang mengembangkan prototipe mesin yang akan mengingatkan pembeli tentang seberapa matang alpukat pilihan mereka. Rencananya, proyek penelitian ini selesai pada Mei mendatang.

Itu karena, perangkat mesin masih agak jauh dari komersialisasi. Untuk sementara, pembeli dapat menguji kematangan alpukat dengan melihat warna. Saat membandingkan buah alpukat segar, periksalah warna luar kulitnya. Warna kulit alpukat yang sudah matang biasanya lebih gelap.

“Periksa apakah kulit alpukat ada bekas dipencet atau tidak. Jika iya, ada kemungkinan buahnya telah memar,” tutur John.

Baca Juga: Jangan Salah Berujung 'Zonk', Begini Cara Memilih Alpukat yang Benar
Bukan Ditekan, Peneliti Ungkap Cara Tahu Alpukat Sudah Matang atau Belum

Menurut Avocados Australia, cara terbaik untuk menguji kematangan alpukat dengan cara menekan ujung batangnya dengan lembut. Jika belum matang, alpukat bisa disimpan pada suhu kamar selama dua sampai tujuh hari untuk kemudian dinikmati.

“Kamu bisa mempercepat proses pemasakan. Caranya, masukkan apel ke dalam kantong kertas bersamaan dengan apel selama 2 hingga 3 hari pada suhu kamar,” jelasnya.

Video Terkait