Mencoba Metode Vertical Garden, Cara Menanam Sayur di Lahan Sempit

Ilustrasi Vertical Garden (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Rabu, 21 September 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Memiliki hobi bercocok tanam memang sangat menyenangkan. Sobat Agri dapat menanam berbagai jenis tanaman yang disukai, mulai dari buah-buahan hingga sayur-sayuran di rumah.

Namun, bagaimana jika lahan kebun di rumah terbatas? Jangan putus asa dulu karena menanam sayuran pada lahan terbatas bisa melakukan dengan metode vertical garden. Bagaimana caranya? Simak ulasannya sampai habis, ya!

Membuat Vertical Garden

Vertical garden merupakan kebun dengan bentuk vertikal yang biasanya menempel pada bagian dinding rumah, baik di dalam maupun luar ruangan. Dengan demikian, kamu bisa bercocok tanam sayuran secara bertingkat atau vertikal pada dinding rumah sehingga menghemat ruang.

Menentukan Konsep Vertical Garden

Sebelum menanam sayuran di vertical garden, tentukan dulu konsep vertical garden yang cocok dengan tema rumah. Jika rumah kamu mengusung tema rumah minimalis, maka sebaiknya vertical garden juga dibuat dengan gaya minimalis agar serasi.

Menentukan Lokasi Dinding yang Tepat untuk Vertical Garden

Pilihlah lokasi yang mendapatkan sinar matahari agar tanaman sayur dapat bertumbuh dengan cepat dan subur. Selain itu, pastikan juga dinding yang akan dijadikan vertical garden memiliki daya topang yang kuat.

Memilih Wadah untuk Vertical Garden

Pemilihan wadah tanaman sayuran untuk vertical garden sangat beragam. Kamu bisa menggunakan pipa, rak gantung dari besi atau kayu, hingga botol plastik.

Pemilihan wadah ini juga bisa disesuaikan dengan konsep vertical garden tadi agar terlihat senada dan estetik. Namun, pastikan juga wadah yang dipilih memiliki lubang untuk sirkulasi udara. Setelah menentukannya, gantung wadah tersebut pada dinding vertical garden menggunakan paku atau tali yang kuat.

Memilih Jenis Sayuran yang Tepat

Setelah melakukan keempat cara di atas, langkah selanjutnya adalah memilih jenis sayuran yang akan ditanam pada vertical garden.

Dikarenakan sistem bercocok tanam pada vertical garden menggunakan cara digantung, maka kamu harus memilih jenis tanaman sayur yang memiliki bobot ringan atau tidak terlalu berat agar dinding dan wadah pada vertical garden tetap kuat menopangnya. Pemilihan jenis tanaman sayur ini juga dapat mempengaruhi tampilan vertical garden.

Perhatikan Drainase pada Vertical Garden

Drainase memiliki fungsi untuk membuang air yang lebih pada tanaman agar tidak timbul genangan air. Oleh karena itu, vertical garden membutuhkan drainase yang bekerja dengan baik agar tanaman sayur dapat tumbuh subur dan sehat.

Baca Juga: Mencoba Metode Vertical Garden, Cara Menanam Sayur di Lahan Sempit
Mau Menanam Lidah Buaya? Ini Tips Jitunya

Namun, meskipun ada sistem drainase, pastikan juga tidak menyiram tanaman sayur dengan air yang banyak, ya!

Memilih Media Tanam untuk Vertical Garden

Sama halnya dengan pemilihan jenis tanaman, sebaiknya gunakan media tanam yang tidak terlalu berat agar vertical garden tidak mudah roboh.

Namun, tetap pastikan media tanam yang dipilih memiliki kualitas yang baik agar tanaman sayur tetap sehat dan tidak mengalami kerusakan.

Video Terkait