Segudang Manfaat Kesehatan dan Cara Meracik Tanaman Dolar

Ilustrasi Tanaman Dolar (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Sabtu, 17 September 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Tanaman dolar merupakan tanaman hias yang bisa juga dijadikan sebagai tanaman obat. Pasalnya, tanaman yang bernama ilmiah Ficus pumila ini juga memiliki segudang manfaat.

Hal ini karena tumbuhan tersebut memiliki kandungan senyawa yaitu flavonoid dan polyphenol. Kedua kandungan tersebut ternyata mampu bertindak sebagai antioksidan. Selain sebagai antioksidan ternyata berfungsi untuk menetralisir radikal bebas.

Tak heran jika di awal kemunculannya tanaman dolar ini sempat tenar dan banyak diburu oleh pecinta tanaman hias. Tumbuhan merambat ini aslinya berasal dari Afrika dan sering ditemukan di beberapa negara seperti Kenya dan Tanzania.

Tanaman dolar memiliki daun yang berwarna hijau tua dan tumbuh simetris. Selain itu, daun tanaman satu ini terlihat berurat, berukuran kecil mengandung banyak air dan tampak mengkilap.

Berikut ini beberapa manfaat pada tanaman dolar terutama bagi kesehatan, seperti dikutip dari YouTube Doctor Sehat.

1. Menjaga daya tahan tubuh

Daun dolar sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh karena memiliki senyawa yang dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri dan mikroba.

2. Sebagai anti bakteri

Bakteri bisa terdapat di luar tubuh maupun dalam tubuh, akan tetapi bakteri yang membahayakan yaitu pada bakteri yang jahat. Bakteri jahat tersebut apabila tidak dihilangkan akan menyebabkan penyakit yang akan timbul.

Bakteri jahat tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi tumbuhan daun dolar secara teratur. Hal tersebut dikarenakan terdapat senyawa yang di dalam tumbuhan daun dolar mampu melawan dan membunuh bakteri jahat yang ada di tubuh kita.

3. Melancarkan pencernaan

Daun dolar diketahui mengandung senyawa seperti serat dan lemak. Kedua kandungan senyawa tersebut sangat baik untuk melancarkan pencernaan yang kurang adanya cairan.

Tumbuhan daun dolar merupakan tumbuhan yang dapat dikonsumsi sebagai obat herbal untuk melancarkan pencernaan. Sehingga tumbuhan tersebut baik untuk tubuh terutama pada bagian saluran pencernaan.

4. Menyehatkan usus

Dapatkan usus sehat dengan menggunakan daun dolar. Daun dolar ini bagus untuk meningkatkan kesehatan usus secara alami tanpa efek samping yang merusak sistem pencernaan.

5. Sebagai antioksidan

Daun dolar ternyata baik untuk kesehatan tubuh, sebab dapat bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut memberikan efek yang baik untuk tubuh, karena melindungi daya tahan imunitas dari tubuh tersebut.

6. Mengatasi diare

Tumbuhan daun dolar ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat anti diare. Tumbuhan tersebut mempunyai kandungan yang baik untuk bisa meringankan sakit diare karena kurang adanya serat pada tubuh. Sehingga daun dollar baik untuk dikonsumsi, karena adanya kandungan senyawa seperti serat yang cukup tinggi.

Diare terjadi karena adanya infeksi kuman yang khususnya di usus besar pada saluran pencernaan manusia. Sehingga pada saat mengeluarkan feses lebih banyak keluar cairan yang secara berlebihan.

7. Mengobati wasir

Khasiat daun dolar dapat diandalkan untuk mengobati wasir. Daun dolar ini adalah sejenis daun dengan kombinasi senyawa alami yang sehat untuk pengobatan wasir. Oleh karena itu, sangat cocok untuk diberikan kepada orang yang menderita penyakit tersebut.

Adapun cara mengolahnya menjadi obat sangat mudah, yaitu:

1. Petiklah daunnya kurang lebih 15 gram dan juga bagian batangnya usahakan memilih daun yang segar.

3. Rebuslah daun beserta batangnya di dalam dua gelas air, biarkan sampai mendidih. Proses ini bisa menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit.

Baca Juga: Segudang Manfaat Kesehatan dan Cara Meracik Tanaman Dolar
Mengenal Echinacea Bunga Cantik yang Berkhasiat dalam Pengobatan Tradisional

3. Dinginkan air rebusan daun dan batangnya hingga air tidak terasa panas.

4. Setelah itu, lakukan penyaringan sehingga antara air dan daunnya terpisah, ini bertujuan memudahkan kamu saat meminumnya.

5. Minumlah sampai penyakit sembuh, meskipun demikian dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara rutin, setidaknya satu kali sehari dan maksimal 2 kali sehari, ini akan membuat tubuh menjadi semakin sehat.

Video Terkait