Studi Ungkap Berkebun Dua Kali Seminggu Bisa Redakan Stres

Ilustrasi berkebun. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Kamis, 22 September 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Berkebun termasuk sebagai terapi untuk kesehatan mental. Bahkan, studi mengungkapkan berkebun dua kali seminggu bisa meningkatkan kesejahteraan dan meredakan stres.

Melansir Southern Living, studi yang diterbitkan dalam Jurnal Cities mengungkapkan bahwa orang yang lebih sering berkebun dapat meningkatkan kesejahteraan, meredakan stres dan meningkatkan aktivitas fisik.

Dalam istilah ilmiah, penelitian baru menunjukkan seseorang yang sering berkebun memiliki skor kesejahteraan 6,6 persen lebih tinggi dan tingkat stres 4,2 persen lebih rendah daripada yang tidak sama sekali.

Para peneliti melihat manfaat mental dan fisik paling banyak pada orang yang berkebun setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

“Bukti sangat menunjukkan bahwa semakin sering Anda berkebun — semakin besar manfaat kesehatannya,” rekan kesejahteraan dan penulis utama Royal Horticultural Society (RHS) Dr. Lauriane Chalmin-Pui mengatakan kepada Science Focus.

Baca Juga: Studi Ungkap Berkebun Dua Kali Seminggu Bisa Redakan Stres
Sederet Manfaat Akar Teratai yang Tidak Banyak Diketahui

Tidak hanya untuk mental, berkebun juga dinilai baik untuk meningkatkan aktivitas fisik. ""Faktanya, berkebun setiap hari memiliki dampak positif yang sama pada kesehatan daripada melakukan olahraga teratur dan kuat seperti bersepeda atau berlari," kata Chalmin-Pui.

University of Utah melakukan penelitian yang menemukan bahwa orang-orang yang berpartisipasi dalam komunitas berkebun memiliki "indeks massa tubuh yang jauh lebih rendah" dan kemungkinan kelebihan berat badan atau obesitas yang lebih rendah daripada yang tidak melakukannya.

Video Terkait