Tak Butuh Bibit BIji, Ternyata 4 Sayuran yang Bisa Tumbuh Dengan Cara Stek

Ilustrasi sayuran yang ditanam dengan disetek. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Rabu, 21 September 2022 | 14:45 WIB

Sariagri - Menanam sayuran bisa dilakukan di pekarangan rumah. Ketika memasuki masa panen, pemilik sayuran akan merasa diuntungkan. Menanam sayuran terbilang mudah. Meski begitu, tetap perlu ketelitian dalam merawatnya.

Melansir dari laman Balcony Garden Web, menumbuhkan tanaman sayur tidak selalu dimulai dari biji. Tanaman sayur juga bisa ditanam dengan cara menyeteknya. Berikut ini beberapa sayuran yang bisa ditanam dengan distek:

1. Tomat

Tomat merupakan sayuran yang ditanam dengan disetek. Caranya, potong tunas pengisap sepanjang enam sampai delapan inci atau pertumbuhan baru menggunakan gunting. Pastikan tidak ada tunas dan petik semua daun kecuali dua set teratas.

Tempatkan bagian bawah dalam air. Simpan dalam cahaya tidak langsung yang terang dan terus ganti air setiap 2-3 hari. Ini akan berakar dalam dua sampai tiga minggu dan dapat ditransplantasikan di tanah.

2. Labu

Baca Juga: Tak Butuh Bibit BIji, Ternyata 4 Sayuran yang Bisa Tumbuh Dengan Cara Stek
Pasutri Ini Buktikan Bisnis Sayur Hidroponik Juga Bisa Menguntungkan



Labu termasuk sayuran yang ditanam dengan disetek. Menanam labu dapat melipatgandakannya seperti menanam stroberi. Caranya, kubur sebagian dari pohon labu 1/2 inci di bawah permukaan tanah dalam pot baru.

Jaga supaya tanah tetap lembab di pot itu tetapi kurangi penyiraman tanaman induk. Dengan cara itu, tanaman akan mengurangi ketergantungannya pada tanaman induk dan mulai menumbuhkan akarnya sendiri. Dalam satu atau dua minggu, tanaman akan berakar.

3. Mentimun

Mentimun juga termasuk sayuran yang ditanam dengan disetek. Ambilah potongan enam sampai delapan inci dari tanaman mentimun. Tanam potongan ini dalam segelas air dan simpan di bawah sinar matahari yang cerah dan belang-belang. Dalam dua sampai tiga minggu, seseorang dapat melihat stek menumbuhkan akar yang lembut. Tanamlah langsung ke tanah atau pot pilihan.

4. Pare

Pare juga dapat dilipatgandakan dengan cara disetek. Potong saja sepanjang 7-8 inci, potong dari bagian tanaman yang sehat. Kemudian masukkan ke tanah kebun atau pot. Tanaman baru akan tumbuh dalam waktu singkat.

Video Terkait