Sederet Manfaat Akar Teratai yang Tidak Banyak Diketahui

Ilustrasi Akar Teratai (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Rabu, 21 September 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan bunga teratai. Manfaat tanaman yang dikenal juga dengan sebutan lotus root ini nyatanya juga baik untuk kesehatan tubuh.

Selain akar teratai, bagian batang, biji, daun dan bunga teratai juga bisa dijadikan sebagai bahan obat dengan cara dikeringkan, diekstraksi, dijadikan teh atau diolah menjadi bentuk bubuk atau kapsul.

Berikut manfaat akar teratai untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan.

1. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol

Akar teratai mengandung serat dan juga karbohidrat kompleks. Kedua komponen tersebut, dapat bekerjasama di dalam tubuh untuk mengatur kadar kolesterol dan gula di dalam darah. Jika gula darah terjaga, penyakit diabetes pun bisa dicegah.

2. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan kalium yang tinggi di dalam akar teratai membuatnya baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, mineral yang satu ini dapat bekerja sebagai vasodilator, yang artinya bisa membuat pembuluh darah melebar dan rileks.

Dengan adanya vasodilator, aliran darah ke jantung akan semakin lancar, sehingga tekanan darah pun bisa stabil.

3. Menurunkan tingkat stres

Akar teratai mengandung vitamin B kompleks serta piridoksin, yang dapat berinteraksi langsung dengan reseptor alami di otak. Reseptor tersebut, secara langsung dapat memengaruhi mood atau suasana hati dan kondisi mental.

Manfaat yang satu ini juga secara tradisional telah diakui. Sayangnya, belum ada penelitian yang bisa mendasari hubungan antara konsumsi akar teratai dengan turunnya tingkat stres seseorang.

4. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi akar teratai juga bisa melancarkan pencernaan. Sebab, tanaman ini mengandung cukup banyak serat. Seperti yang kita tahu, serat sangat dibutuhkan untuk kelancaran pencernaan.

Baca Juga: Sederet Manfaat Akar Teratai yang Tidak Banyak Diketahui
Mengenal Pohon Pule yang Miliki Beragam Manfaat Bagi Kesehatan

5. Menurunkan risiko cacat lahir

Akar daun teratai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kehamilan karena mengandung vitamin B9 atau asam folat, Nutrisi ini dapat mencegah terjadinya cacat lahir, termasuk cacat tabung saraf yang sering terjadi pada awal kehamilan.

Selain itu, akar lotus juga mengandung nutrisi penting untuk kehamilan lainnya, termasuk zat besi, kalsium, dan mineral.

6. Meningkatkan kesehatan otak

Salah satu kandungan lotus atau akar teratai putih yang lain adalah tembaga. Tembaga bermanfaat untuk memperkuat tulang, melancarkan metabolisme, hingga meningkatkan kesehatan otak dengan mengaktifkan fungsi jalur saraf.

Video Terkait