Mengenal 7 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi Tanaman Jarak (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Kamis, 22 September 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Ada berbagai macam tanaman obat yang berfungsi sebagai obat langsung. Keberadaan tanaman obat ini tidak sulit didapatkan. Beragam manfaat herbal yang bisa kita gunakan dalam mengatasi sakit tentu akan sangat membantu.

Meski zaman sudah modern seperti saat ini, namun masih banyak orang yang lebih mempercayai obat herbal dari tanaman obat yang. Berikut beberapa jenis tanaman obat yang sering dijumpai dan dapat dimanfaatkan sebagai obat di kehidupan sehari-hari.

1. Daun kumis kucing

Kumis kucing umumnya kerap digunakan sebagai salah satu jenis tanaman apotek hidup di rumah. Jenis tanaman obat alami ini biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal, radang kandung kemih, kencing batu, diabetes, dan asam urat.

2. Ginkgo biloba

Para ilmuwan telah menemukan bahwa ekstrak tanaman obat ginkgo biloba dan aspirin dapat meningkatkan memori dan fungsi “perintah dan kontrol” pada penderita stroke iskemik. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek jangka panjangnya.

3. Jarak

Jarak dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati sembelit atau sesak napas pada anak. Pemanfaatan jarak untuk mengobati sembelit dan sesak napas sudah lama digunakan dengan memanfaatkan bagian daunnya.

4. Jambu Biji

Jambu biji biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati penyakit mencret. Pemanfaatan jambu biji sebagai obat mencret sudah lama digunakan masyarakat dengan memanfaatkan bagian daunnya.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Umumnya, jeruk nipis aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, asam yang terkandung di dalamnya bisa mengakibatkan rasa perih pada luka serta memicu sakit maag dan GERD.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Perekonomian Pedesaan Tetap Bergeliat Selama Pandemi

6. Kelapa

Pohon kelapa menghasilkan buah kelapa, yang dimanfaatkan dari buah kelapa adalah air kelapa. Biasanya air buah kelapa dimanfaatkan masyarakat sebagai obat panas dalam.

7. Kunyit

Selain sebagai bumbu dapur, umumnya memanfaatkan bagian rimpang kunyit sebagai obat batuk, pilek, sedangkan daunnya digunakan sebagai obat sakit perut anak.

Video Terkait