Ini Penyebab Peace Lily Menguning dan Mati

Ilustrasi peace lily. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 20 September 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Seringkali seseorang tidak bisa menghindari tanaman hiasnya menguning dan mati. Seperti ketika merawat peace lily yang bisa mengalami hal tersebut.

Peace Lily merupakan spesimen dalam ruangan yang indah dengan daun yang subur dan mengkilap. Namun, tanpa disadari lebih awal, daun peace lily bisa saja menguning hingga sebabkan kematian.

Melansir Balcony Garden Web, terdapat beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan peace lily menguning:

1. Penuaan alami

Daun peace lily yang menguning bisa disebabkan oleh penuaan alami. Rata-rata tanaman ini bertahan tiga sampai lima tahun di bawah kondisi pertumbuhan yang sesuai. Setelah itu, kemungkinan seseorang akan menemukannya dalam kondisi daun terkulai, memudar, menguning dan layu.

2. Paparan cahaya berlebihan

Paparan cahaya yang berlebihan bisa menjadi penyebab daun peace lily menguning. Tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis ini memang membutuhkan sinar matahari. Namun jika tanaman terkena sinar matahari yang terik maka daunnya akan terbakar dengan ujung coklat dan rona kuning pucat.

Namun, tanaman ini tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk berfotosintesis. Caranya, letakkan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari tidak langsung selama enam sampai delapan jam.

3. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab daun peace lily menguning. Ketika tanaman ini tidak mendapatkan zat besi atau magnesium, maka dedaunan akan menguning.

Meski demikian, jangan memupuk tanaman secara berlebihan karena dapat membuat ujung daun mejadi cokelat.

4. Penyiraman

Penyiraman bisa menjadi penyebab daun peace lily menguning. Penyiraman yang berlebihan juga yang minim bisa menjadi penyebabnya. Jika dedaunan kuning meluas, bintik-bintik daun coklat dan batang yang terkulai cobalah untuk mengurangi penyiraman.

Baca Juga: Ini Penyebab Peace Lily Menguning dan Mati
Tanaman ini Memang Mengeluarkan Aroma di Malam Hari Sering Dianggap Mistis

Sementara itu, daun yang memudar atau kering. melorot dan berujung warna coklat merupakan tanda tanaman kekurangan air.

5. Kualitas air

Siapa sangka kualitas air berpengaruh pada kuningnya daun. Air keran sering mengandung klorin, fluorida, dan garam lainnya, yang menumpuk dan berdampak negatif pada kesehatan Peace Lily.

Cobalah untuk menggunakan air RO yang disaring. Jika menggunakan air keran, cobalah biarkan semalaman untuk mengendapkan mineral.