Intip Resep Racikan Herbal yang Ampuh Legakan Gejala Batuk Berdahak

Ilustrasi minuman air jeruk nipis (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 19 September 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Ketika salah makan, kerap kali menimbulkan rasa yang tidak mengenakkan di dalam tenggorokan. Hal ini biasanya menjadi gejala kamu sakit batuk.

Selain salah makan, beberapa faktor yang juga bisa mempengaruhi, seperti alergi, infeksi, kehamilan, flu, perubahan cuaca, terpapar asap atau uap dari bahan kimia, hingga efek samping penggunaan obat-obatan tertentu.

Batuk sendiri umumnya ada dua, yaitu yang kering dan berdahak. Untuk batuk berdahak, biasanya membuat tenggorokan menjadi berlendir. Meski tidak selalu berbahaya, namun hal ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman.

Resep racikan untuk legakan batuk berdahak

Beberapa pengobatan yang bisa meredakan batuk yakni dengan memperbanyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi, konsumsi makanan berkuah dan minuman.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba ramuan herbal untuk meredakan gejala batuk berdahak. Caranya mudah, bahkan kamu bisa meraciknya sendiri.

Berikut ini beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat ramuan herbal guna mengatasi tenggorokan berlendir.

1. Jeruk nipis

Buah mungil yang satu ini sudah dikenal bisa menyembuhkan sakit batuk. Caranya cukup siapkan 2 buah jeruk nipis dan sedikit garam. Lalu, belah jeruk nipis menjadi dua bagian untuk kemudian diperas dan diambil airnya.

Setelah itu, tambahkan garam ke dalam perasan jeruk tadi dan aduk hingga rata. Ramuan pun siap disajikan asalkan diminum secara teratur.

2. Pegagan

Selanjutnya dengan menggunakan daun pegagan. Pertama siapkan dayn pegagan segar sebanyak 30–60 gram. Kemudian untuk membuat ramuannya, kamu bisa dengan merebus daunnya bersama 3 gelas air di dalam panci.

Rebus hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah itu, angkat dan saring. Jika sudah dingin, ramuan siap disajikan dan dapat diminum 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

3. Daun kecubung

Racikan selanjutnya dengan menggunakan daun kecubung. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu daun kecubung muda sebanyak 3 lembar, gula aren secukupnya, dan air asam secukupnya.

Baca Juga: Intip Resep Racikan Herbal yang Ampuh Legakan Gejala Batuk Berdahak
Tips Menggunaan Tanaman Angsana untuk Pengobtaan Herbal

Untuk meramunya, pertama kamu harus mencuci daun kecubung muda hingga bersih. Lalu rebus daun dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusan dan dinginkan sebelum diminum.

Selagi menunggu dingin, kamu bisa membuat m larutan gula asam dengan cara mencampurkan gula aren ke dalam air asam. Rebus air hingga mendidih.

Jika sudah selesai, kamu bisa minum ramuan daun kecubung dengan dilanjutkan meminum larutan gula asam.

Video Terkait