Keajaiban Daun Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ilustrasi daun kunyit (Flickr)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 21 September 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Kunyit adalah salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Kehadirannya sangat melekat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Bagaimana tidak, hampir semua orang sudah mengetahui bahwa tanaman kunyit ini memiliki banyak manfaat, baik sebagai bumbu dapur dan juga bahan pengobatan herbal.

Tidak hanya kunyitnya saja, namun daun kunyit pun memberi manfaat yang luar biasa. Selain digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, daun kunyit juga sangat baik untuk kecantikan kulit, salah satunya yakni sebagai antiseptik alami.

Manfaat daun kunyit bagi kesehatan dan kecantikan

Dilansir Food NDTV, seorang ahli gizi asal India bernama Dr. Anju Sood mengatakan bahwa daun kunyit bersifat antiseptik dan antikarsinogen.

Selain itu, dalam daun kunyit juga terkandung anti-oksidan yang sangat berperan penting dalam tubuh manusia. Kira-kira manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari daun kunyit, berikut penjelasannya.

1. Digunakan sebagai pewarna masakan

Sudah bukan rahasia lagi jika kunyit adalah bumbu dapur yang sering digunakan dalam memasak. Namun jika kehabisan kunyit di dapur, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan air rendaman ekstrak daun kunyit kering, sebagai pewarna untuk makanan.

Warna yang dihasilkan pun tidak jauh berbeda dengan yang diberikan kunyit. Penggunaan daun kunyit sebagai pengganti kunyit ini, ternyata sudah banyak digunakan pada sajian khas India, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Dalam sistem pencernaan, terdapat berbagai macam organ tubuh yang bekerja, salah satunya adalah empedu. Sebagai organ penting yang dibutuhkan sistem pencernaan, tentu sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan empedu.

Jika empedu sehat, maka sistem pencernaan pun menjadi lebih lancar. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi jus daun kunyit. Ramuan ini dapat melancarkan pencernaan.

Pasalnya daun kunyit mengandung zat curcumin yang berperan baik dalam memacu kinerja empedu sehingga fungsi sistem pencernaan dalam tubuh semakin meningkat.

3. Anti-inflamasi

Daun kunyit bersifat anti-inflamasi, Para peneliti mengungkapkan apabila senyawa bioaktif yang terdapat pada daun kunyit bisa meringankan nyeri sendi.

Dengan begitu bagi penderita penyakit sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid, sangat disarankan mengonsumsi daun kunyit. Namun agar lebih menyakinkan, tak ada salahnya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

4. Dimanfaatkan dalam untuk kecantikan

Seperti yang disebutkan diatas, daun kunyit mengandung zat curcumin. Zat ini tidak hanya baik bagi organ dalam tubuh, tetapi juga bagus untuk kesehatan kulit. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menjadikan daun kunyit sebagai masker wajah.

Caranya, tumbuk daun kunyit hingga halus lalu oleskan pada permukaan kulit seperti wajah, lengan, atau kaki. Jika dilakukan dengan rutin maka penggunaan masker ini bisa mencerahkan, menghaluskan, sekaligus mengurangi noda hitam pada wajah.

Baca Juga: Keajaiban Daun Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan
Wajib Tahu! Ini Efek Samping Konsumsi Ipomoea Secara Berlebihan

5. Antiseptik alami

Manfaat lain yang tak kalah baik dari daun kunyit yaitu sebagai antiseptic alami. Selain anti-inflamasi, zat curcumin memiliki manfaat lain seperti antibakteri dan antivirus yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Caranya juga mudah, tumbuk daun kunyit dengan sedikit air. Setelah itu oleskan pada kulit yang terluka, baik luka gores maupun luka bakar ringan.

Video Terkait