Mengenal Jenis-jenis Mentimun Indonesia yang Sehat dan Menyegarkan

Ilustrasi buah mentimun (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 12:45 WIB

Sariagri - Mentimun atau juga dikenal dengan nama ketimun atau timun adalah salah satu jenis sayuran dari family Cucurbitales. Menurut sejarahnya, tanaman yang nama ilmiahnya Cucumis sativus L.ini, diketahui berasal dari benua Asia.

Nama mentimun sendiri sudah populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Selain mengandung banyak air dan menyegarkan, buah yang satu ini juga dikenal mengandung banyak nutrisi.

Rasanya juga enak, sehingga membuatnya banyak dijadikan sebagai olahan makanan, minuman, ataupun lalapan.

Jenis-jenis mentimun di Indonesia

Tahukah kamu, ternyata mentimun jenisnya sangat banyak loh. Tidak hanya mentimun yang biasa dikonsumsi sehari-hari, tetapi terdapat jenis mentimun lain yang dapat ditemukan di negara kita. Berikut adalah jenis-jenis mentimun yang ada di Indonesia.

1. Mentimun biasa atau timun

Mentimun ini merupakan jenis mentimum yang umum ditemukan dan dikonsumsi sehari-hari sebagai santapan. Buahnya biasa diolah menjadi acar dan asinan. Jenis ini pulalah yang merupakan paling banyak ditanam di Indonesia.

Ciri-ciri mentimun ini memiliki kulit buah yang tipis dan lunak. Warna mentimun ini berubah-ubah, ketika masih muda warnanya adalah hijau keputihan. Namun jika sudah tua, warna buah ini akan berubah menjadi cokelat. Kulit timun juga lama-kelamaan berwarna hijau pucat sampai putih.

2. Mentimun watang

Sedikit berbeda dengan mentimun biasa, mentimun watang memiliki kulit buah yang lebih tebal dan keras. Sementara warna buahnya ketika masih muda hijau keputih-putihan. Sedangkan ketika sudah tua, warna buahnya berubah menjadi kuning tua.

3. Mentimun wuku

Ada juga mentimun jenis wuku. Mentimun ini memiliki bagian kulit yang cenderung tebal. Saat masih mudah warna buahnya kuning kecokelatan. Kemudian jika semakin tua, warna buah pun akan berubah menjadi cokelat.

4. Mentimun suri atau bonteng suri

Untuk jenis mentimun ini, dapat dikenali dari bentuknya yang lebih besar dari mentimun pada umumnya. Timun suri memiliki ukuran mencapai 10 kali lebih besar daripada jenis mentimun lainnya. Selain itu, bentuknya juga lebih lonjong atau oval.

Jika biasanya mentimun dijadikan lalapan, timun suri lebih banyak diolah menjadi minuman. Rasa timun ini lebih manis dan segar, sehingga membuat minuman ini banyak digemari. Es timun suri sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadan tiba, karena banyak dijadikan sebagai salah satu minuman berbuka puasa.

5. Mentimun krai

Selanjutnya adalah mentimun krai. Mentimun ini memiliki ciri khas yaitu pada buahnya terdapat motif garis-garis putih. Penampilan buahnya juga sangat halus.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Mentimun Indonesia yang Sehat dan Menyegarkan
Cara Menyiram Tanaman Mentimun dengan Benar Agar Tidak Pahit

Sementara buah bagian dalamnya cenderung berwarna kekuning-kuningan. Sama seperti mentimun pada umumnya, mentimun krai juga kerap dikonsumsi sebagai lalapan.

6. Mentimun krai besar

Pada dasarnya timun ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan mentimun krai. Namun yang membedakannya adalah bentuk dan rasanya lebih mirip seperti mentimun biasa.

Video Terkait