Hasilkan Cuan, Bisnis Buket Bunga Mulai Digemari di Indonesia

Ilustrasi buket bunga (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 22 September 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Masyarakat Indonesia sangat menyukai hal-hal yang berbau estetik dan elegan. Salah satunya adalah buket bunga atau karangan bunga. Biasanya buket ini diberikan kepada seseorang atau pasangan sebagai tanda kasih sayang.

Tak heran jika ada banyak sekali produk buket bunga yang dijual, mulai dari harga termurah sampai termahal sekalipun. Perbedaan harga ini tentu saja sangat bergantung pada bunga yang dipilih, mulai dari ukuran, jenis, tingkat kerumitan desain, kualitas bunga serta jumlah pemesanan.

Lantas mengapa bisnis buket bunga digemari?

Salah satu alasannya karena masyarakat melihat ada peluang bisnis yang menjanjikan lewat buket bunga. Para pegiat usaha ini menilai, permintaan masyarakat akan buket bunga semakin meningkat. Apalagi pada momen-momen tertentu seperti ulang tahun, hari kasih sayang, hari jadi, hari ibu, wisuda, lamaran hingga pernikahan.

Ditambah lagi geografis negara kita yang sangat mendukung. Sebab Indonesia adalah negara tropis yang subur sehingga banyak berbagai jenis bunga hias yang bisa dibudidayakan disini.

Selain dijadikan sebagai hadiah suka cita untuk orang lain, produk karangan bunga ini juga bisa diberikan sebagai tanda duka cita. Oleh karena itu, buket bunga yang disediakan juga berbeda-beda disesuaikan dengan kepentingan pembeli

Jenis bunga yang dijadikan buket

Jumlah bunga yang digunakan dalam bisnis ini sangat banyak Sebagi pembeli, sebaiknya memahami jenis-jenis bunga beserta makna dan filosofinya. Hal ini sangat penting untuk diketahui, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam pemberian buket.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis bunga yang banyak dijadikan sebagai buket:

• Bunga Mawar

Bunga ini memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan warnanya. Namun secara umum, bunga mawar yang berwarna merah digunakan untuk menyatakan cinta atau perasaan mendalam kepada seseorang.

• Bunga Dahlia

Selain bunga mawar, ada juga jenis bunga lainnya seperti bunga dahlia yang banyak dijadikan sebagai buket. Bunga ini mengandung makna yang dalam yaitu menunjukkan martabat serta keabadian.

Baca Juga: Hasilkan Cuan, Bisnis Buket Bunga Mulai Digemari di Indonesia
Cara Budidaya Bunga Bird of Paradise, Bunga Eksotis Asal Afrika Selatan



• Bunga Anggrek

Tidak hanya mempercantik atau menambah nilai estetik rumah, tetapi bunga anggrek juga mengandung makna yang menunjukkan rasa hormat, gairah, dan juga keindahan.

Bunga Lily

Bunga lily juga kerap dipilih sebagai tanda cinta kasih, baik kepada teman, saudara, orangtua dan pasangan. Hal ini karena bunga cantik yang satu ini memiliki arti kesucian, kebersihan, dan kepolosan.

• Bunga Baby’s Breath

Pernahkah kamu melihat bunga ini? Meski cukup jarang didengar, namun bunga ini juga banyak dijadikan buket yang cantik. Bunga ini diketahui mengandung arti sebuah pengharapan baru serta cinta kasih sayang yang abadi.

Video Terkait