Jangan Panik, Ini 5 Daun yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi daun salam (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 22 September 2022 | 15:15 WIB

Sariagri - Kolesterol dalam darah harus selalu dikontrol. Sebab jika kadarnya melonjak, bisa menjadi pemicu penyakit berbahaya yang mengancam keselamatan. Beberapa penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi di antaranya adalah penyakit jantung dan serangan stroke.

Dikutip dari Eat This, faktor kolesterol tinggi bisa disebabkan dari genetika, pola makan dan gaya hidup. Namun faktor genetika ternyata memainkan peran yang lebih besar dalam bagaimana tubuh memproses kolesterol dan risiko seseorang untuk kolesterol tinggi.

Daun yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Namun jangan khawatir, selain obat-obatan, ada juga penurun kolesterol yang alami dan aman dikonsumsi. Berdasarkan penelitian, setidaknya ada beberapa jenis sayur yang mampu turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, di antaranya  sebagai berikut:

1. Bayam

Daun bayam mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Serat terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada di seluruh tubuh. Oleh karena itu, konsumsi sayuran berserat tinggi sangat direkomendasikan dalam menu harian.

2. Daun teh hijau

Mengutip NDTV, teh hijau merupakan minuman herbal yang baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Di dalam teh hijau mengandung antioksidan dan kandungan senyawa lain yang membuatnya baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Mulai dari sekarang, Sobat Agri bisa mulai merutinkan untuk minum dua cangkir teh hijau dalam sehari. Selain manfaat diatas, teh hijau juga membantu penurunan berat badan, membuat fungsi otak yang lebih baik dan mengurangi risiko diabetes.

3. Daun Teh Oolong

Selain teh hijau, teh oolong juga menjadi salah satu minuman herbal yang baik untuk kesehatan jantung. Minuman yang sering disebut teh Cina ini terbukti dapat mengurangi risiko berkembangnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Tidak hanya itu, teh oolong juga berperan penting dalam mengontrolkadar gula dalam darah, yang juga menjadi faktor untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Daun teh hitam

Jenis teh yang satu ini memang cukup populer dalam dunia kesehatan. Pasalnya kandungan dalam daun teh ini terbukti menurunkan kolesterol tinggi.

Diketahui teh ini juga mampi mengontrol kadar gula darah, mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesehatan usus. Sehingga jika rutin mengonsumsi teh hitam maka tubuh akan lebih sehat.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 5 Daun yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol
Kenali Bayam Brasil dan Sederet Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

5. Daun salam

Daun salam dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang umum digunakan. Kehadirannya seakan memberi aroma dan rasa yang lezat. Selain dimanfaat sebagai bumbu dapur, daun salam juga bisa dikonsumsi sebagai minuman teh.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun salam dengan air secukupnya selama beberapa menit. Saring dan air rebusan pun sudah bisa dinikmati ketika hangat ataupun dingin.

Video Terkait