Jenis-jenis Jeruk Mandarin, Buah yang Identik Saat Perayaan Imlek

Ilustrasi jeruk mandarin (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan kehadiran jeruk mandarin. Jeruk ini memiliki rasa manis dan sedikit asam menyegarkan. Diketahui jeruk ini berasal dari Asia Tenggara.

Kemudian jeruk ini banyak dibudidayakan di Tiongkok dan Jepang dalam jumlah besar. Hingga akhirnya jeruk ini telah menyebar jauh ke seluruh dunia.

Bentuknya bulat dengan warna kuning keemasan dianggap sebagai sesuatu yang menguntungkan, melambangkan kekayaan dan nasib baik. Secara teknis, buah satu ini juga punya ukuran yang pas jika diberikan kepada orang lain.

Namun di Indonesia, jeruk ini sangat identik dengan perayaan Imlek. Biasanya menjelang Hari Raya Imlek, berbagai pasar baik tradisional maupun modern, menghadirkan banyak sekali jenis jeruk mandarin.

Jenis-jenis jeruk mandarin yang perlu diketahui

Jika Sobat Agri mengira jeruk mandarin hanya satu jenis, kamu salah besar. Jeruk ini memiliki berbagai jenis dengan penampakan yang mirip satu dengan yang lainnya. Mengutip Asiaone, jenis-jenis jeruk mandarin, antara lain adalah:

1. Ponkam

Jeruk ponkam memiliki bentuk gempal dengan ukuran sekitar tujuh hingga delapan sentimenter. Jeruk ini menjadi yang paling populer ketika perayaan Imlek tiba. Alasannya jeruk ini memiliki rasa yang manis, segar, berair, dan kulit yang mudah dikupas.

Sebagai informasi, jeruk ponkan bersifat tidak terkonsentrat, sehingga tidak bisa dimakan sedikit demi sedikit berulang kali.

2. Lukan

Ukuran jeruk lukan tak jauh berbeda jeruk ponkan. Yang membedakannya yaitu tekstur kulitnya saja yang sedikit kasar dan berkerut. Namun keduanya sama-sama mudah untuk dikupas.

Soal rasa, jeruk ini memiliki rasa yang sedikit lebih ringan dengan semburat asam dan agak manis. Kulitnya sangat harum, tapi terlalu lembut dan jika digunakan sebagai bahan masakan rasanya sangat pahit.

3. Swatow

Jeruk Swatow juga sama seperti kedua jenis jeruk mandarin sebelumnya. Namun tidak seperti jeruk ponkan dan lukan, kulit jeruk Swatow bertekstur lebih tebal, kasar, sehingga lebih sulit untuk dikupas.

Untuk rasanya juga pun tidak semanis jenis dua lainnya. Tetapi bagian dagingnya terasa lebih kenyal loh. Ini yang menjadi salah satu keunggulan dari jeruk Swatow. Selain itu, jeruk ini juga dapat bertahan lama hingga 14-21 hari.

4. Kinno

Semula, jeruk mandarin jenis kinno ini berasal dari Pakistan. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya, yakni berkisar 7-8 sentimeter. Untuk bentuk, cenderung mengotak, kulit yang halus, mengkilap, lengket dan mempunyai banyak biji di dalamnya.

Baca Juga: Jenis-jenis Jeruk Mandarin, Buah yang Identik Saat Perayaan Imlek
Gak Perlu Bingung, Begini Cara Memilih Jeruk yang Manis dan Segar

Jeruk kinno memiliki rasa manis dan tajam ketika sudah matang sempurna. Biasanya jeruk ini menjadi tipe jeruk yang pas untuk dibuat minuman dan koktail, bahan masakan atau bahan membuat kue.

5. Honey Murcott

Selanjutnya adalah jeruk honey murcott. Ukuran jeruk relatif lebih lebar sekitar sembilan sentimeter, dengan bentuk bulat dan kulit yang sedikit lengket tapi tipis. Jeruk ini juga kerap hadir meramaikan perayaan Imlek. Ia cukup dikenal karena memiliki rasa yang cukup manis, sangat berair dan bijinya juga sedikit.

Video Terkait