Benarkan Biji Rami Ampuh Mencegah Kanker Payudara?

Ilustrasi biji rami. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Biji rami atau yang lebih dikenal dengan flaxseed merupakan biji-bijian tinggi gizi dan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa biji rami dapat mencegah kanker payudara.

Untuk penggunaannya biji rami tersedia dalam berbagai bentuk yaitu utuh dan giling. Biji rami sendiri bisa dicampur ke dalam berbagai hidangan seperti, campuran yogurt, oatmeal hingga penambah saus pada salad. 

Beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang muncul dan mengevaluasi mengenai efek dari mengonsumsi biji rami pada penyakit kronis. Apakah benar biji rami memiliki sifat melawan kanker dan membantu mencegah kanker payudara?

Melansir dari Healthline, berikut penjelasan biji rami dapat mencegah kanker payudara.

1. Biji rami mengandung lignan

Biji rami mengandung fitoestrogen yang dikenal sebagai lignan, di mana fitoestrogen berperan untuk pencegahan kanker payudara. Sebab lignan dianggap fitoestrogen di mana mereka meniru efek estrogen dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukan bahwa fitoestrogen dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. 

Studi pada tahun 2012, melaporkan bahwa wanita yang mengonsumsi jumlah lignan tertinggi memiliki kemungkinan 40-50% lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi dalam jumlah rendah.

2. Kaya akan asam lemak omega-3

Biji rami dan minyak rami mengandung tinggi omega-3, meskipun asam lemak omega-3 banyak dikenal untuk efek pada kesehatan jantung, beberapa penelitian menunjukan bahwa meraka dapat membantu mencegah penyakit kanker.

Faktanya, bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan efektivitas pada beberapa obat kemoterapi dan membantu membunuh sel kanker payudara dengan menghalangi jalur spesifik yang terlibat dalam pertumbuhan sel. 

3. Merupakan sumber serat

Kandungan serat pada biji rami dalam satu kemasan 2,5 gram menjadi satu sendok makan atau sekitar 9 gram. Beberapa penelitian menunjukan bahwa menambahkan lebih banyak serat dalam makanan akan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit termasuk kanker payudara.

Dari 20 penelitian, asupan serat total yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko 8% lebih rendah terkena kanker payudara pada wanita premenopause dan pascamenopause. Selain itu, konsumsi serat yang lebih tinggi secara signifikan meningkatkan kelangsungan hidup pada orang yang sudah terkena kanker payudara.

4. Tinggi antioksidan

Sama halnya dengan kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, biji rami merupakan sumber antioksidan, termasuk senyawa seperti secoisolariciresinol diglucoside, asam p-coumaric, dan asam ferulat.

Baca Juga: Benarkan Biji Rami Ampuh Mencegah Kanker Payudara?
Jangan Dibuang, Ini Khasiat Tersembunyi Biji Jeruk bagi Kesehatan

Antioksidan berfungsi untuk menetralisir radikal bebas yang berbahaya, mengurangi peradangan dan juga melindungi dari kerusakan oksidatif pada sel. Antioksidan juga dapat melindungi terhadap penyakit kronis seperti kanker. 

Meskipun beberapa penelitian menyebutkan bahwa biji rami bermanfaat untuk kanker payudara dan kandungan biji rami sangat bermanfaat untuk mencegah kanker payudara, namun mengonsumsinya tidak bisa dianggap cepat untuk perbaikan kanker payudara. Sebab kanker payudara didapat dari banyak faktor termasuk genetika dan pola hidup.

Video Terkait