Cantik dan Eksotis, Begini Cara Merawat Tanaman Cyclamen agar Tumbuh Subur

Ilustrasi tanaman cyclamen (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Senin, 26 September 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Bunga cyclamen adalah tanaman yang berasal dari Austria. Banyak orang yang menyukai bunga yang satu ini, sehingga menjadikannya sebagai tanaman eksotis di pekarangan rumah.

Alasannya tak lain karena bunga cyclamen memang dikenal sebagai bunga yang cantik jelita. Namun sebelum mulai memeliharanya, ada baiknya Sobat Agri menyimak penjelasan mengenai cara merawat bunga cantik yang satu ini.

Salah satunya yaitu menanam bunga cyclamen sebaiknya berada sekitar 20 derajat atau cocok ditanam pada dataran tinggi. Hal ini dilakukan agar bunga ini dapat tumbuh subur.

Cara merawat bunga cyclamen

Secara umum, memelihara bunga cyclamen sama seperti memelihara tanaman hias lainnya. Hanya saja, sebelum menanam benih bunga ini wajib disemai terlebih dahulu. Untuk lebih jelas, yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Melakukan persemaian

Langkah awal yang harus Sobat Agri lakukan yaitu persemaian. Persemaian ini dimulai dengan memasukkan benih ke dalam larutan potassium permanganate terlebih dahulu selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu, barulah proses penyemaian bunga cyclamen bisa dilakukan.

2. Menyiapkan media tanam

Kedua, yaitu menyiapkan media tanam. Untuk media tanamnya, Sobat Agri bisa menggunakan campuran tanah dan pasir untuk menanam benih.

3. Menanam benih bunga cyclamen

Selanjutnya yaitu menanam benih. Caranya dengan membaginya terlebih dahulu dengan perbandingan 1:1, yakni satu bagian tanah khusus bunga dan satu lagi dari pasir.

Pada tanah, buat alur dengan kedalaman sekitar satu sentimeter. Lalu siram air yang banyak dan jangan lupa untuk meletakkan biji pada jarak yakni sekitar 3 cm. Setelah itu, tutup tanah menggunakan foil selama 30-60 hari.

4. Memindahkan bibit ke wadah lain

Setelah persemaian berhasil dilakukan, maka biji-biji yang kamu letakkan sebelumnya sudah mulai menjadi berkecambah. Selanjutnya masuk ke pemindahan bibit ke wadah atau media lain yang lebih besar.

5. Merawat bunga cyclamen

Tanaman yang satu ini sangat menyukai suhu dan udara yang lembab. Oleh sebab itu, Sobat Agri harus memastikan bunga ini selalu disiram secara rutin. Namun cara lainnya, kamu juga bisa menurunkan suhu ruangan agar bunga ini dapat tumbuh subur dan lebih baik.

6. Memberi pupuk

Tidak hanya penyiraman, pemberian pupuk juga tak boleh luput dalam merawar bunga cyclamen. Namun perlu diingat, untuk selalu berhati hati agar tidak memberi pupuk terlalu banyak. Cukup berikan pupuk dengan interval 1 kali dalam sebulan.

Demikian cara merawat bunga cyclamen, semoga bermanfaat. Selamat bercocok tanam, Sobat Agri!

Video Terkait



Baca Juga: Cantik dan Eksotis, Begini Cara Merawat Tanaman Cyclamen agar Tumbuh Subur
5 Kesalahan Besar dalam Berkebun yang Jarang Disadari