Agar Tak Terasa Gatal, Begini Cara Mengupas Nanas

Ilustrasi nanas potong. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 27 Oktober 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Nanas merupakan salah satu buah yang cukup banyak digemari. Hal ini lantaran buah yang memiliki mahkota ini mudah didapatkan dan dari segi rasa buah nanas mempunyai rasa manis serta sedikit keasaman.

Selain itu, buah nanas kerap diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai dari diolah jadi selai, minuman, rujak, dan lain sebagainya.

Melansir dari healthline melihat dari kandungan baik yang dimiliki, buah nanas juga mengandung senyawa yang tak kalah dari buah lain seperti vitamin C, serat, asam folat, mangan, serta nutrisi lainnya yang bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh.

Sayangnya, buah nanas sedikit berbeda dalam pengupasannya ketimbang buah yang lain. Ini karena, buah nanas bisa menyebabkan rasa gatal di lidah dan di mulut. Karena nanas memiliki kandungan enzim bromelain.

Dilansir dari webmd.com, sensasi rasa gatal muncul saat enzim memecah protein yang ada di dalam mulut dan akan menghilang jika buah sudah ditelan.

Baca Juga: Agar Tak Terasa Gatal, Begini Cara Mengupas Nanas
Hati-hati Cepat Busuk, Ini Cara Tepat Menyimpan Nanas yang Sudah Dipotong

Namun, jika kamu ingin menyantap buah nanas tanpa harus merasakan sensasi gatal dan panas, perlu perhatian lebih ketika mengupasnya. Teknik mengupas kulit nanas yang salah cenderung membuat buah tersebut jadi bikin gatal.

Bagaimana cara mengupas kulit nanas supaya nggak bikin gatal? Simak rangkumannya

1. Pilih nanas yang sudah tua, potong bagian mahkota nanas.
2. Jika sudah, kupas kulit nanas. Pastikan tidak ada bagian kulit yang masih menempel pada nanas.
3. Kamu bisa menggunakan penjepit atau pisau untuk membuang mata nanas. Lakukan hingga nanas benar-benar bersih secara sempurna.
4. Jika sudah bersih, baluri garam ke seluruh permukaan nanas. Diamkan beberapa saat agar garam benar-benar terserap ke dalam nanas.
5. Sebelum dipotong, cuci terlebih dahulu nanas dengan air matang.
6. Potong nanas dengan bentuk memanjang. Potong pula bagian pangkal nanas yang keras. Lalu nanas bisa disajikan untuk disantap.