Jangan Salah! Begini Cara Memilih Buah Manggis yang Manis

Ilustrasi Buah Manggis (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 9 Desember 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - "Tebak-tebak buah manggis" mungkin itu merupakan sebuah kalimat yang sering kita dengar. Tapi kali ini kita tidak akan membahas itu, melainkan bagaimana cara memilih buah manggis yang benar.

Buah yang berbentuk bola dengan warna ungu tua ini memiliki daging buah yang bertekstur cair dan berwarna putih. Selain lezat, buah manggis dipercaya memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh.

Dilansir dari healthline.com, manggis mengandung vitamin B2, vitamin C, folat, magnesium, dan xanthones. Kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan, menurunkan kadar kolesterol, dan juga menjaga daya tahan tubuh.

Tak hanya bagian dagingnya saja yang berkhasiat, kamu juga bisa memanfaatkan bagian kulit manggis. Kulit buah ini biasanya diekstrak lalu dijual dalam bentuk pil atau kapsul.

Namun, jika manggis belum matang secara sempurna, seringkali rasa dagingnya cenderung terasa asam. Belum lagi tekstur dagingnya yang jika belum matang cenderung keras dan tidak berair.

Lantas bagaimana cara memilih manggis yang benar? Berikut tips yang bisa kamu lakukan.

1. Langkah pertama adalah kamu bisa memperhatikan manggis yang memiliki tangkai atau atasnya yang berwarna hijau. Itu menandakan bahwa buah manggis masih dalam keadaan segar dan baru dipetik.

Jangan memilih buah manggis yang memiliki tangkai atau bagian atasnya berwarna merah, karena itu menandakan sudah dalam keadaan tidak baik serta akan membusuk.

Baca Juga: Jangan Salah! Begini Cara Memilih Buah Manggis yang Manis
Perkuat Kerja Sama, Cina Berencana Impor Lebih Banyak Buah dari Filipina

2. Selanjutnya perhatikan bagian kulit yang berwarna ungu. Kamu harus memilih manggis yang memiliki noda atau goresan di kulitnya. Noda atau goresan di kulit manggis menandakan bahwa buah ini matang dan jatuh dari pohon. Dapat dipastikan buah tersebut punya cita rasa yang manis dan segar.

3. Selanjutnya kamu bisa mengintip jumlah isiannya dengan memperhatikan bagian bawahnya yang berwarna hijau kehitaman. Bentuk kelopak bunga tersebut menandakan jumlah isian buah manggis. Jika ingin mendapatkan banyak daging manggis, maka pilihlah yang memiliki kelopak bunga paling banyak.